Kopdit Pintu Air Cabang Nangablo Raih SHU Terbesar

Maumere, Ekorantt.com – KSP Kopdit Pintu Air Cabang Nangablo sukses mendulang sisa hasil usaha (SHU) terbesar dari seluruh cabang Kopdit Pintu Air yang tersebar di Indonesia.

Kesuksesan ini tentunya tidak bisa terlepas dari peran manager dan komite cabang serta unit, kelompok, dan juga titik kumpul. Mereka sungguh bersatu dan membangun tim kerja yang solid.

Manager Cabang Nangablo, Yohanes M. Mitan mengapresiasi dan mengatakan bahwa Cabang Nangablo yang secara geografis terletak di daerah yang boleh dibilang sulit dan penduduk yang hampir 90 persen bermata pencaharian petani.

“Tapi mengapa justru menyumbang SHU terbesar, lagi pula cabang ini letaknya sangat dekat dengan Cabang Lela dan Cabang Lekebai,” kata Yohanes, Sabtu, 20 Mei 2023.

Ia bilang, Cabang Nangablo memiliki caranya kerja tersendiri. Yang paling penting pertama adalah membangun koordinasi efektif kepada seluruh unsur penggerak mulai dari titik kumpul, unit dan kelompok.

iklan

Koordinasi ini, lanjut dia, tidak hanya menggunakan sarana komunikasi melalui HP, tetapi pertemuan rutin manjadi sangat penting.

Kedua, membahas rencana aksi secara bersama-sama. Hal yang dibahas meliputi strategi menghidupkan kembali anggota pasif, penanganan pinjaman lalai, menaikkan kredit beredar serta merekrut calon anggota baru.

Ketiga, merumuskan dan menetapkan target yang akan dicapai secara bersama. Terhadap hal ini dikukuhkan dengan berita acara.

Sebut saja terkait capaian sisa hasil usaha (SHU), melalui pertemuan telah disepakati target SHU harian mulai dari titik kumpul, unit, dan kelompok harus mencapai minimal 300.000 sampai 500.000 per hari.

Kemudian pada awal hari baru rutin dilakukan rapat evaluasi guna melihat kembali capaian yang telah diraih dan membuat langkah kerja guna mengejar target yang belum tercapai.

Keempat, melakukan arisan harian sebesar Rp10.000. Cara ini dilakukan untuk mengamankan kewajiban bulanan anggota.

“Inilah praktek baik dari Nangablo yang telah sukses mereka membentuk SHU dengan nilai yang besar. Padahal cabang ini diapit oleh dua cabang terdekat yakni Cabang Lela dan Cabang Lekebai,” katanya.

Berikutnya informasi perkembangan cabang dari Januari hingga April 2023.

SHU yang terkumpul sudah mencapai Rp723.433.275 sementara untuk bulan berjalan telah terhimpun Rp186.785.166.

Jumlah simpanan saham mencapai Rp559.927.047, dan bulan berjalan Rp70.636.672. Simpanan non saham Rp3.872.235.770, dalam bulan berjalan Rp53.576.895. Sementara jumlah kredit beredar mencapai Rp17.272.266.500 dan dalam bulan berjalan Rp33.300.000. sementara jumlah anggota tercatat 2.287 orang.

“Dan untuk bulan Mei sampai berita Ini diturunkan ada tambahan anggota baru sebanyak 34 orang,” tutup Yohanes.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA