Garugiwa In-Line Masuk Nominasi Kompetisi IPPN 2023

Ende, Ekorantt.com – Inovasi pelayanan publik gerai urusan pelanggan insan wajib adminduk terintegrasi dan online (Garugiwa In-Line) yang digagas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende berhasil lolos seleksi dan masuk nominasi Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Nasional (IPPN) Tahun 2023. 

Kepala Dispenduk Ende, Lambertus Sigasare, kepada Ekora NTT, Jumat, 16 Juni 2023 di Ende menuturkan hasil seleksi tersebut tertuang pada pengumuman berdasarkan surat Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Nomor: B/284/PP.00.05/2023. 

Surat tersebut mengumumkan Nominasi Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2023.

“Mudah-mudahan inovasi dari Disdukcapil Kabupaten Ende ini dapat terpilih dan masuk dalam  Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2023,” ujar Sigasare.

Ia menyatakan, proposal inovasi yang diterima Kementerian PANRB dan berhasil lolos seleksi administrasi pada pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2023 ini berjumlah 3.110.

iklan

Proposal dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 2.135. Sedangkan yang dinyatakan lolos seleksi masuk dalam Nominasi Finalis Top Inovasi sebanyak 228 proposal, terdiri dari 198 proposal kelompok umum dan 30 proposal kelompok khusus.

Selanjutnya Tim Panel Independen akan melakukan sidang untuk penentuan Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2023. Hasil sidang Tim Panel Independen akan diinformasikan lebih lanjut.

Tentang Garugiwa In-Line

Sigasare menerangkan, layanan inovasi Garugiwa In-Line ini terbilang unik karena dapat mengintegrasikan beberapa layanan menjadi satu layanan terintegrasi dan online dalam satu gerai layanan. 

Prosedur pengurusan dokumen mulai dari pengajuan berkas, verifikasi, validasi, pencetakan dan pengambilan atau pendistribusian dokumen adminduk dilakukan dalam satu gerai layanan.

Masyarakat tidak perlu datang jauh-jauh ke dinas untuk mengurus dokumen adminduk karena gerai Garugiwa In-Line akan hadir dalam bentuk jemput bola, gerai layanan di desa, dan pelayanan secara online, kata dia. 

Kebaruan dari inovasi ini adalah, pertama, memiliki 6 (enam) inovasi layanan terintegrasi yang mana masyarakat dapat memperoleh beberapa dokumen adminduk dalam sekali urus.

Kedua, memiliki 4 (empat) layanan online (https://disdukcapil.endekab.go.id/dukcapil/layanan-online) yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja 24 jam.

Ketiga, memiliki gerai layanan di desa dilengkapi dengan petugas registrasi desa. Keempat, adanya gerai layanan keliling jemput bola dengan menggunakan bus ke desa, sekolah, dan tempat keramaian.

Kelima, inovasi ini juga dapat melakukan jemput bola antar kabupaten dan provinsi.

TERKINI
BACA JUGA