Mahasiswa Unipa Mesti Terapkan Sikap Hidup Ramah Lingkungan

Maumere, Ekorantt.com – Rektor Universitas Nusa Nipa Maumere, Angelinus Vincentius, mendorong mahasiswa Unipa untuk menerapkan Green Lifestyle (gaya hidup ramah lingkungan) mulai dari diri sendiri.

“Mahasiswa Unipa mesti menerapkan gaya atau sikap hidup ramah lingkungan mulai dari sekarang. Kalau tidak sekarang kapan lagi dan harus mulai dari diri sendiri. Kalau bukan kita siapa lagi,” kata Rektor Angelinus dalam kegiatan pembekalan peserta KKN tematik Unipa tahun 2023 di Aditorium Nawacita, Senin (26/6/2023).

Pembekalan diberikan kepada 850 peserta KKN dengan mengusung tema besar “Selamatkan Bumi Kita Dengan Green Lifestyle”; sementara rencana pelaksanaan KKN akan dimulai dari 3 Juli-1 Agustus 2023 dengan lokasi kegiatan di 11 kecamatan, 34 desa, dan 6 kelurahan.

Angelinus menegaskan, kegiatan tersebut berangkat dari pemikiran sederhana bahwa manusia sebagai penghuni planet bumi telah menerima anugerah ciptaan dari Tuhan Yang Maha Kuasa di mana manusia mengelola semua yang tersedia di bumi.

Sayangnya, lanjut dia, pengelolaan ini sudah melampaui daya dukung. Bumi mengalami deteriorasi atau kemunduran dan penurunan mutu dan terancam rusak karena kontaminasi fisik, kimia hingga radioaktif.

iklan

“Bumi semakin hari semakin menurun kualitasnya baik air, udara, tanah, hutan, laut, sungai, kebun, ladang, sawah, pekarangan bukan karena faktor alamiah tetapi terutama karena pengaruh perilaku manusia,” tandasnya.

Oleh karena itu, tambah Angelinus, KKN mesti menjadi arah pengabdian kepada masyarakat berupa kampanye ekologis serta edukasi, demonstrasi, contoh, kaji terap serta keteladanan.

“Dengan kegiatan KKN, Unipa menawarkan solusi atas persoalan-persoalan dasar yang berkaitan dengan kesadaran ekologis agar bisa keluar dari pola pikir lama yang kurang peduli akan kelestarian alam,” ungkapnya.

Angelinus Vincentius, saat memberi motivasi kepada mahasiswa untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan-Ekora NTT

Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Sabinus Nabu, membedah topik “Sustainable Development Goals” (SDGs) mengatakan, tujuan pembangunan berkelanjutan berdasarkan Hak Asasi Manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial ekonomi dan lingkungan hidup.

Sabinus memberikan motivasi kepada peserta KKN Unipa untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang diperoleh supaya dapat memberikan dampak manfaat yang berkelanjutan.

“Terapkan pengetahuan Anda kepada masyarakat dengan bertindak sebagai transformer, agent of change, motivator, fasilitator dan problem solving,” pungkas Sabinus.

Kegiatan pembekalan berlangsung dari 26-28 Juni 2023 dan pada hari terakhir pembekalan dilakukan jalan sehat sambil memungut sampah yang berserakkan di jalan-jalan kota Maumere.

TERKINI
BACA JUGA