Anggota Tertarik dengan Produk dan Motto Kopdit Pintu Air

Dompu, Ekorantt.com- Pintu Air merupakan salah satu koperasi kredit terbesar di Indonesia. Cabangnya tersebar di mana-mana di wilayah nusantara.

Ada banyak alasan orang ingin menjadi anggota Kopdit yang berpusat di Rotat Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT itu.

Selain produk layanan yang menguntungkan, juga karena motto Kopdit Pintu Air. Cerita ketertarikan ini muncul dari Kopdit Pintu Air Cabang Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Manajer Kopdit Pintu Air Cabang Dompu Abdul Rahman Na’u mengaku di berbagai titik sosialisasi yang dilakukan timnya, warga tertarik masuk menjadi anggota karena berbagai jenis produk layanan yang memberikan alternatif kepada anggota untuk memilihnya.

iklan

Selain itu, anggota tertarik anggota tertarik juga dengan motto Kopdit Pintu Air, yakni ‘kau susah aku bantu, aku susah kau bantu’.

“Motto ini sangat sesuai dengan pesan moral untuk saling tolong mmenolong ,” ujar Abdul Rahman kepada Ekora NTT melalui sambungan teleponnya dari Dompu, Minggu, 10 Desember 2023.

Ia pun berkomitmen kuat untuk memperluas layanan Kopdit Pintu Air di seluruh daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Hal itu dilakukan setelah mempertimbangkan daerah Maluk sebagai kawasan pertambangan terbesar di NTB yang mempekerjakan tenaga kerja lebih dari 2.000 orang.

Longginus Galut, salah seorang anggota mengungkapkan ketertarikannya bergabung menjadi anggota Kopdit Pintu Air.

Ketika bergabung menjadi anggota, kata dia, maka sejak saat itu juga mendapatkan perlindungan.

Itu seperti perlindungan saat jatuh sakit  (solidaritas kesehatan) dan perlindungan ketika saat meninggal dunia (solidaritas dukacita).

Hal ini yang menurut Longginus, tidak ditemukan di lembaga keuangan lainnya di NTB.

Selain jaminan terkait perlindungan, masih ada lagi keuntungan lain di mana anggota diberikan jasa bunga simpanan yang lumayan besar ketika anggota menabung dana deposito. Dan juga diberikan kesempatan kepada anggota untuk meminjam tiga kali nilai saham dari jumlah simpanan anggota.

Olek karena itu, Longginus berjanji mengajak sanak saudara peserta yang mengikuti acara sosialisasi supaya tidak ragu-ragu untuk segera bergabung Kopdit Pintu Air.

Dikabarkan sebelumnya, grafik pertumbuhan jumlah aset yang menjadi kekayaan lembaga Kopdit Pintu Air Cabang Dompu, Nusa Tenggara Barat, terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Selama kurun waktu setahun terhitung sejak diresmikan cabang ini pada 25 November 2022 sampai pada periode yang sama tahun 2023 aset bertambah sebesar Rp4 miliar. Bila tahun 2022 jumlah aset mencapai Rp18 miliar, tahun 2023 naik menjadi Rp22 miliar

Abdul Rahman mengatakan, hal ini dapat tercapai berkat kerja sama tim yang baik dan juga menjadi bukti bahwa semakin banyak anggota yang pecaya kepada Kopdit Pintu Air.

Jumlah anggota juga, kata dia, mengalami kenaikan. Tahun 2022 julmlah anggota sebanyak 1.116 orang dan tahun 2023 naik menjadi 1.943 orang.

Dari jumlah anggota sebanyak itu,  yang sedang menikmati pinjaman dari Kopdit Pintu Air baru 712 orang pada tahun 2022. Dan Sampai dengan kondisi bulan November 2023  jumlah anggota yang sedang meminjam sebanyak 1.350 orang.

“ Jumlah anggota yang sedang menikmati pinjaman memang belum semuanya, tetapi yang pasti hampir mendekati 70 persen dari total jumlah anggota yang tecatat sebanyak 1943 orang,” jelas Abdul Rahman kepada Ekora NTT, Selasa, 28 November 2023 lalu.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA