Langkah Pemkab Ngada Sambut Program Air Bersih dan Perumahan Swadaya

Bajawa, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten Ngada mengambil langkah strategis menyambut program pengelolaan dan pengembangan air limbah domestik, penyediaan sistem air minum, dan bantuan stimulan perumahan swadaya untuk pemenuhan pelayanan dasar bagi masyarakat.

Kepala Dinas PUPR Ngada, Yohanes Dopo mengatakan program pemerintah tersebut dalam rangka mewujudkan masyarakat Ngada yang unggul, mandiri, dan berbudaya yang berbasis pertanian dan pariwisata.

“Sehingga upaya pengentasan kemiskinan akan terus digalakkan oleh pemerintah,” ujar Yohanes saat kegiatan sosialisasi di Bajawa, Senin, 25 Maret 2024. Kegiatan itu dihadiri para camat, kepala desa, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Yohanes mengatakan Dinas PUPR terus mengembangkan infrastruktur untuk mengurangi kesenjangan dan meningkatkan pelayanan dasar untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Sejak 2021 hingga 2023, Dinas PUPR sudah membangun 4.356 sambungan rumah (SR), 2.733 sanitasi dengan sasaran menerima kepala keluarga, dan bantuan stimulan perumahan bagi 2.000 jiwa dengan total 397 unit rumah, sebut dia.

iklan

Yohanes menyebutkan semua program itu tersebar di sejumlah desa yang ada di 12 kecamatan.

Sosialisasi dilakukan untuk menyatukan pandangan, meningkatkan partisipasi masyarakat sehingga program dapat terlaksana tepat waktu, tepat sasaran, berkualitas, dan bermanfaat.

Bupati Ngada, Andreas Paru saat menambahkan bahwa setiap program yang mau dijalankan pemerintah harus melalui perencanaan matang.

“Ini semua terwujud karena kerja sama dari dinas, provinsi hingga kementerian,” ujarnya.

Andreas berharap segala kegiatan yang ada harus berlandaskan regulasi sehingga tidak berdampak hukum di kemudian hari.

“Apalagi banyak pekerjaan di dinas ini dilakukan secara kontraktual dan swakelola,” kata Andreas.

Ia berharap segala program yang sudah dilakukan mesti disampaikan masyarakat secara terbuka sebagai wujud transparansi dalam pengelolaan pemerintah.

TERKINI
BACA JUGA