Demokrat NTT Buka Peluang Bagi Peserta Pilkada Non-kader

Setiap kader hanya mengikuti setiap proses yang berlaku sesuai dengan mekanisme partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono itu.

Kupang, Ekorantt.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat NTT membuka pendaftaran bagi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada Pilkada 2024.

Pendaftaran mulai dibuka 15 April hingga 22 April 2024. Pendaftaran ini juga dilakukan secara terbuka untuk umum.

Ketua DPD Partai Demokrat NTT Leonardus Lelo menjelaskan, pendaftaran bakal calon kepala daerah baik tingkat provinsi atau tingkat kabupaten/kota dapat dilakukan di DPD Demokrat atau DPC Demokrat di wilayah masing-masing.

“Partai Demokrat resmi membuka pendaftaran bagi seluruh kader dan non-kader yang mengikuti Pilkada serentak 2024 di Provinsi NTT baik pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati maupun wali kota dan wakil wali kota,” kata Leo kepada wartawan di Kupang, Senin, 15 April 2024.

iklan

Selain membuka pendaftaran bagi internal kader partai, Partai Demokrat NTT juga membuka peluang untuk calon dari luar atau eksternal yang merupakan figur atau tokoh masyarakat.

“Bukan saja terbuka bagi kader partai dan non kader, kader partai lain juga diharapkan bisa mendaftar ke Demokrat,” tandas dia.

Setelah menutup pendaftaran 22 April 2024 nanti, DPD Demokrat NTT akan melakukan fit and proper test atau uji kelaikan bagi para bakal calon kepala daerah pada Mei 2024.

“Kalau ada yang mau mendaftar mungkin kita buka sampai April,” ujarnya.

Leo berharap pada Mei 2024 bisa selesai kegiatan fit and proper test agar di awal Juni 2024 bisa mengusulkan nama-nama bakal calon kepala daerah ke DPP Demokrat untuk mendapatkan surat keputusan atau surat rekomendasi.

Ia menambahkan, Demokrat NTT konsisten tidak memiliki mahar dalam mengusung calon kepala daerah. Setiap kader hanya mengikuti setiap proses yang berlaku sesuai dengan mekanisme partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono itu.

“Bakal calon harus mengikuti mekanisme dalam partai. Prinsip mengutamakan kader. Kecuali kader tidak siap. Syarat-syarat internal itu ada. Soal pilkada target kami 30 persen,” tegas Leo.

TERKINI
BACA JUGA