Warga Watukrus Sambut Antusias Konser dan Kampanye Merawat Bumi Tim Arka Kinari

Ketua Asidewi Kabupaten Sikka Yance Moa menjelaskan, kehadiran tim Arka Kinari ini sebagai langka awal menuju pagelaran Festival Watukrus yang yang dijadwalkan akan digelar pada November 2024 nanti.

Maumere, Ekorantt.com– Warga Watukrus, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka menyambut antusias konser dan kampanye merawat bumi oleh tim kapal klasik bertenaga angin dan matahari Arka Kinari pada Senin, 24 Juni 2024.

Diketahui, tim Arka Kinari tiba di titik 0 Watukrus pukul 15.00 Wita. Mereka disambut sapaan adat, pengalungan selendang dan tarian adat oleh sanggar Mahelela dari kampung budaya Wologahar, Desa Watukrus.

Tim disambut oleh Camat Bola Yohanes Impirinus, Pemerintah Desa Watukrus, Pemerintah Desa Bola, Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Kabupaten Sikka, Karang Taruna Watukrus, Komunitas Peduli Pariwisata Tepian Selatan – Bola dan masyarakat setempat.

Usai acara selamat datang oleh Penjabat Kepala Desa Watukrus Veronika Uniritan dilanjutkan dengan santapan kuliner lokal.

iklan

Setelahnya, tim menuju Tanjung Watukrus Homestay dan Caffe untuk menghadiri pembukaan kegiatan turnamen wisata olahraga (catur) tingkat Kecamatan Bola.

Sesaat setelahnya, kegiatan diisi dengan pertandingan eksebisi dengan peserta kehormatan Mr. Grey Filastin (USA) tamu mancanegara dan Hibatul Hakim (WNI-Jateng) tamu wisnus (wisatawan Nusantara) melawan peserta lokal asal Desa Bola dan Desa Watukrus.

Baca Juga: Kapal Arka Kinari Akan Singgah di Maumere, Kampanyekan Isu Perubahan Iklim

Malam harinya pukul 19.00 Wita ada pagelaran konser, yang dimulai dengan penampilan Mr. Grey dan Nova Ruth.

Konser bercerita tentang Arka Kinari dan misi pelayaran lautnya serta isu lingkungan seperti krisis iklim, kehidupan pasca-ekonomi karbon dengan pesan utama pentingnya merawat bumi untuk menjaga keseimbangan demi kelangsungan bumi.

Tampak konser ini mendapat antusias yang cukup besar dari masyarakat beberapa desa sekitar yang memenuhi area sejak sore hari.

“Desa wisata Watukrus dan masyarakat dengan bangga menyambut kehadiran crew Arka Kinari di wilayah kami untuk menikmati panorama objek wisata andalan Segi Tiga Emas, yaitu Watukrus, Sumur Baluk, dan Kuburan Dominikan,” ucap Veronika.

Ketua Asidewi Kabupaten Sikka Yance Moa menjelaskan, kehadiran tim Arka Kinari ini sebagai langka awal menuju pagelaran Festival Watukrus yang yang dijadwalkan akan digelar pada November 2024 nanti.

Kehadiran tim Arka Kinari juga dapat membantu mengembangkan pariwisata di Kabupaten Sikka.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sikka Very Awales menyampaikan apresiasi atas inisiatif Komunitas Peduli Pariwisata Tepian Selatan- Bola dan Pengelola Tanjung Watukrus yang memadukan pariwisata dan olahraga untuk mendukung promosi dan pengembangan pariwisata di tepian selatan ini.

Pada Selasa, 25 Juni 2024 pagi, tim Arka Kinari mengunjungi kampung budaya di Dusun Wologahar, Desa Watukrus.

Di sana, tim disambut tarian adat, sajian kuliner lokal, atraksi Wair Muu dan diskusi terkait potensi dan masalah lokal. Lalu, dilanjutkan kolaborasi budaya antara tim Arka Kinari dan kelompok sanggar Mahelala.

Mr. Grey memainkan alat musik kampung dan Nova Ruth mengenakan giring-giring kaki larut dalam spirit irama kegembiraan musik khas Sikka bersama semua tim dan warga lokal. Teriknya panas matahari tidak mampu menghalau kegembiraan ini.

Pukul 15.00 Wita, tim Arka Kinari meninggalkan Watukrus diantar komunitas peduli pariwisata tepian selatan kembali ke kapal di dermaga Pelabuhan L Say Maumere. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA