Beri Donasi Bagi SMPN 3 Waigete, Wartawan tak Sekadar Menulis Berita

Maumere, Ekorantt.com – Kondisi gedung sekolah SMPN 3 Waigete di Desa Watudiran, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka mengundang keprihatinan awak media yang meliput 23 Maret 2019 lalu.

Sepulang dari sana, liputan tentang SMPN 3 Waigete tayang bahkan nangkring di sejumlah media massa. Hal ini tentu saja mengundang rasa prihatin publik.

Efek pemberitaannya pun meluas hingga sejumlah instansi dan pihak donatur  turun tangan untuk memberikan bantuan.

Setelah menulis berita, jurnalis florespedia.com, Mario WP Sina punya perasaan lain yang mengganjal di hati.

Dalam refleksinya ia menemukan bahwa “wartawan tak sekadar menulis berita”.

iklan

Untuk konteks SMPN 3 Waigete, Mario, begitu ia disapa, merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu lebih dari menulis berita. Ada hal lain yang harus dilakukan. Demikian keyakinannya.

Jalan yang ditempuhnya yakni melakukan penggalangan dana. Dan kebetulan Kitabisa.com, salah satu platform penggalangan dana dan donasi online (crowdfunding) terpopuler di Indonesia, dirasa cocok untuk mewujudkan niat baiknya itu.

Jadilah sejak 1 April 2019, Founder florespedia.com partner kumparan ini mulai mengumpulkan donasi hingga ditutup 27 Juni lalu.

Selama kurang lebih dua bulan, dana yang terkumpul sebesar Rp54.803.890 dari 851 orang.

“Uang ini dikirim melalui rekening sekolah. Kami beterima kasih kepada pihak sekolah yang sudah bisa bekerja sama,” kata Mario saat menyerahkan secara simbolis donasi kepada pihak sekolah, Jumat (5/7/2019).

Dana yang ada digunakan untuk pembangunan ruangan perpustakaan SMP Negeri 3 Waigete berukuran 6 X 7 meter.

Tak lupa ia beterima kasih kepada para donatur karena sudah ikut memberi donasi dengan sukarela.

Mewakili sekolah, kepala sekolah SMPN 3 Waigete, Aleksius Susar menyampaikan terima kasih kepada teman-teman wartawan yang sudah menyebarluaskan informasi tentang kondisi sekolah yang dipimpinnya.

“Ini adalah titik terang bagi masa depan sekolah kita. Terima kasih untuk teman-teman wartawan,” tandasnya.

TERKINI
BACA JUGA