Sekretaris Partai NasDem Alex Ofong. Sumber: Suaraflores.net

Kupang, Ekorantt.com – Sejumlah Kader Partai NasDem Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dilantik menjadi pimpinan DPRD di 15 Kabupaten wilayah NTT, periode 2019-2024.

Hal itu berkat prestasi politik Kader Partai NasDem dalam kontestasi politik Pemilihan Legislatif 2019.

Untuk itu DPW NasDem NTT telah melakukan rapat pleno penentuan calon pimpinan DPRD dan pimpinan Fraksi di 15 Kabupaten tersebut, pada Jumat (9/8) kemarin.

“Sesuai amanat Peraturan Organisasi (PO) Nomor 5 tahun 2019, kita sudah lakukan rapat pleno untuk menentukan para pimpinan DPRD dan pimpinan Fraksi,” kata Sekretaris DPW Partai NasDem, Alexander Take Ofong, Senin (13/8).

Alexander memaparkan, dari 15 Kabupaten, Partai NasDem akan menjadi Ketua DPRD di lima Kabupaten. Di antaranya di Kabupaten TTS, TTU, Rote Ndao, Manggarai Barat dan Kabupaten Sumba Tengah.

Sementara 10 Kabupaten lainnya, NasDem akan menjadi Wakil Ketua DPRD. Di antaranya, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Belu, Sabu, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Alor, Nagekeo, Ende dan Kabupaten Manggarai.

“15 Kabupaten dan Kota telah usulkan calon pimpinan ke DPP melalui DPW NasDem NTT. Masing-masing DPD usulkan tiga nama. DPW akan merekomendasikan ke DPP dengan boleh menambah dua nama,” kata Alexander.

Lanjutnya, untuk Pimpinan DPRD Provinsi, DPW mengusulkan tiga nama ke DPP. Ketiga nama tersebut, merupakan pengurus Partai Nasdem.Tiga nama tersebut adalah Alexander Take Ofong, S.Fil  Sekretaris DPW Partai Nasdem yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD NTT. Kasim  Kolo Wakil Ketua OKK DPW yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Partai Nasdem Provinsi dan Chris Mboik Ketua Dewan Pertimbangan DPD NasDem Kota Kupang.

“Ada tiga nama yang diusulkan untuk menjadi calon pimpinan DPRD Provinsi. Ketiganya merupakan pengurus NasDem.Tiga nama ini akan diusulkan ke DPP NasDem,” tutur Alexander.

Usulan ketiga nama calon Pimpinan DPRD Provinsi NTT tersebut, merupakan hasil keputusan rapat pleno DPW yang dilaksanakan pada Jumat (9/8) sore.

“Tiga nama yang diusul adalah hasil keputusan rapat pleno DPW. Dan untuk pimpinan DPRD Provinsi dan Kabupaten, kita akan prioritaskan sesuai jabatan,” kata Alexander.

Tiga nama calon pimpinan DPRD Provinsi dan juga pimpinan DPRD Kabupaten, akan diserahkan langsung ke DPP NasDem. Dan DPP akan memutuskan siapa yang menjadi pimpinan DPRD.

“DPP yang memutuskan. Hari Rabu ini, kita akan serahkan nama-nama ini ke DPP,” tutur Alexander. 

Lanjutnya, adapun persyaratan Calon Pimpinan DPRD yakni, riwayat kepartaian, kapasitas, pengalaman, riwayat pendidikan , prestasi dan perolehan suara Pileg 2019, serta menandatangani pernyataan kesediaan menjadi pimpinan.

“Untuk pimpinan DPRD Provinsi dan Kabupaten, kita akan prioritaskan sesuai jabatan,” tandas  Alexander.

Alle Lamaberaf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here