Rumah Kosmas Katur (32), di Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Flores-NTT. Ludes terbakar api. (Foto: Adeputra Moses/EKORA NTT).

Bajawa, Ekorantt.com – Pada Kamis (8/8/2019) terjadi kebakaran di rumah Kosmas Katur (32), seorang pegawai Koperasi Wredatama Republik Indonesia, di Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Flores-NTT.

Humas Polres Ngada, Aipda Bintaran, kepada EKORA NTT mengatakan, api yang menjadi sumber kebakaran itu diduga berasal dari lilin  yang dipasang oleh korban untuk penerangan di dalam rumahnya. Saat kejadian tersebut, korban bersama dengan ketiga anaknya yang semuanya masih kecil sedang berada di dalam rumah.

Aipda Bintaran menerangkan, kebakaran tersebut terjadi saat pemadaman listrik giliran oleh PLN berlangsung. Karena suasana saat itu gelap, korban berinisiatif memasang lilin di kamarnya untuk penerangan kamar tidur sekaligus persiapan makan malam bersama keluarga nantinya.

Naas menimpa. Saat korban sedang menyediakan makan malam, korban mencium bau asap. Sontak ia mencari sumber bau tersebut dan mendapati api yang berasal dari kamar tidurnya mulai menyala.

Korban tidak sempat memadamkan api tersebut lantaran melihat kobaran api semakin cepat merambat dan meluas. Ia lantas memutuskan untuk menyelamatkan ketiga anaknya yang masih kecil.

Setelah berhasil menyelamatkan dirinya dan ketiga anaknya, korban meminta bantuan tetangga untuk memadamkan api. Karena saat itu masih gulita, warga setempat mengalami kesulitan memadamkan api. Kebakaran tersebut baru bisa diredam dengan bantuan pemadam kebakaran.

Menurut keterangan Aipda Bintaran, barang-barang korban di dalam rumah tidak ada yang selamat. Semuanya ludes dimakan api. Kerugian material yang harus ditanggung korban diperkirakan mencapai lebih dari 70 juta rupiah.

Adeputra Moses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here