Nuansa Tenun Ikat pada Pembukaan T.A 2019-2020, UNIKA St. Paulus Ruteng

Ruteng, Ekorantt.com – Universitas Katolik Indonesia St. Paulus-Ruteng, membuka Tahun Akademik (2019-2020) dengan upacara bendera bersama di Lapangan Sepak Bola UNIKA St. Paulus Ruteng, pada Senin (2/9/2019).

Upacara Bendera dipimpin langsung oleh Rektor UNIKA, Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A.

Upacara itu berlangsung dalam nuansa kebudayaan. Semua peserta upacara mengenakan busana daerah masing-masing. Aneka desain tenun ikat menjadi tampilan yang paling umum dilihat dan membangkitkan suasana yang khas dalam upacara ini.

Mahasiswa baru (tingkat satu) mengenakan baju putih dengan kain tenun daerah masing-masing. Sementara itu, mahasiswa tingkat dua sampai tingkat empat mengenakan jas almamater dengan kain tenun dari berbagai daerah di NTT. Sedangkan para dosen, tenaga pendidik, dan karyawan-karyawati mengenakan seragam berwarna biru bertuliskan sawah lodok. Beberapa menggunakan jas berbahan dasar tenun ikat. 

Upacara bendera tersebut dihadiri mahasiswa dari 10 Program Studi (Prodi). Kesepuluh  Prodi itu antara lain Prodi Pendidikan Teologi, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Keperawatan, Prodi Kebidanan, Prodi Agronomi, dan Prodi Sosial Ekonomi Pertanian. 

iklan

Dalam amanat pembukaan T.A 2019/2020, Rm Dr. Yohanes S. Lon, M.A selaku Rektor Unika St. Paulus menekankan pentingnya komitmen, kerjasama, dan kedisiplinan setiap unsur civitas akademika UNIKA St. Paulus dalam menjalankan fungsi dan tugas pelayanan di lembaga.

“Kekompakan dan kerjasama menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita dalam mengawali tahun akademik yang baru ini. Komitmen dan kedisiplinan juga menjadi spirit utama kita.  Semuanya ini dapat menciptakan persatuan dan kesatuan. Neho nakeng ca wae ipung ca tiwu“, katanya.

Turut hadir dalam upacara itu Dekan FKIP UNIKA Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si., Dekan Fakultas Kesehatan dan Pertanian David Jerubu, M.A., Wakil Rektor I Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum., Wakil Rektor II, Dr. Marselus Ruben Payong, M.Pd. dan Wakil Rektor III Dr. Inosensius Sutam.

Adeputra Moses

TERKINI
BACA JUGA