Kodim Ende Dukung Literasi Sekolah Melalui Komsos Kreatif

Ende, Ekorantt.com – Kodim 1602 Ende mendukung gerakan literasi sekolah di Kabupaten Ende. Berbagai langkah dilakukan, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan Komunitas Sosial Kreatif.

Kali ini, Komunitas Sosial Kreatif mengangkat tema tentang rasa cinta tana air, wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Kegiatan Komunitas Sosial Kreatif ini ditandai dengan penyelenggaraan beberapa perlombaan tingkat SMA di Kabupaten Ende seperti lomba melukis antar SMA se-Kabupaten Ende, lomba tarik tambang antar SMA dan lomba karya tulis tingkat SMA.   

Dandim 1602 Ende Letkol Inf M. Fuad Suparlin melalui Perwira Seksi Operasi Kapten Inf. J. Khasmir T. Tani menjelaskan, kegiatan Komunitas Sosial Kreatif tingkat Kodim 1602 Ende berusaha mendorong semangat rasa cinta tanah air dan NKRI bagi generasi muda. Disadari generasi muda merupakan tulang punggung bangsa.

Menurutnya, berbagai lomba dilakukan sebagai media untuk mempererat persatuan dan nasionalisme. Terutama melalui literasi, orang muda didorong untuk memberi gagasan dan pandangan tentang mencintai Indonesia dengan utuh.

iklan

Khusus untuk lomba lomba karya tulis,  tema yang diangkat yakni “Peran Generasi Muda dalam Kontribusi Positif Mencintai Indonesia”.  Perlombaan ini dikuti 10 peserta dari 10 sekolah yang berlangsung di Markas Kodim 1602 Ende, Selasa (03/08/2019).

Salah satu peserta lomba karya tulis, Antonia Elfiana Pora bangga karena bisa terlibat dalam kegiatan ini. Baginya, ini adalah kesempatan emas dalam mengasah keterampilan menulisnya.

Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Detusoko ini juga menuturkan bahwa kegiatan ini sangat positif dalam membangun rasa nasionalisme dalam diri generasi muda melalui karya tulis.

Ia menyampaikan apresiasi kepada pihak Kodim 1602 Ende yang menyelenggarakan kegiatan ini. Harapannya, kegiatan serupa terus digagas demi mengasah kemampuan peserta didik dalam hal menulis.

Guru pendamping MAS Almutaqin Wolowaru, Abdullah Basir juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Kodim 1602 Ende karena mampu menggagas kegiatan lomba karya tulis bagi siswa SMA. Selain meningkatkan rasa nasionalisme, baginya, kegiatan ini juga menggerakkan literasi di sekolah.

Dari lomba karya tulis ini, SMA Katolik Ndao Ende meraih juara 1. Disusul SMA Negeri 1 Detusoko di posisi kedua dan MAS Wolowaru di posisi ketiga.

TERKINI
BACA JUGA