Prodi Matematika Universitas St. Paulus Ruteng Gelar Olimpiade Matematika

Ruteng, Ekorantt.com – Dalam proses menjaring peserta yang memenuhi kualifikasi untuk mengikuti kompetisi Olimpiade Nasional-MIPA tingkat Kopertis Wilayah VIII, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Indonesia (FKIP UNIKA) St. Paulus Ruteng menggelar Olimpiade Matematika tingkat universitas, Sabtu (12/10/2019) di Ruangan Roosmalen.

Sebastianus Fedi, M.Pd selaku Ketua Panitia menjelaskan, kompetisi ini merupakan seleksi tahap awal di tingkat  Prodi sebelum para peserta terpilih mengikuti kompetisi tingkat Kopertis. Lebih jauh dari pada itu, olimpiade merupakan salah satu alat ukur untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap matematika.

Fedi menerangkan, jumlah mahasiswa yang mengikuti lomba 98 orang. Jumlah ini berkurang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Mahasiswa yang terdaftar ada 98 orang, terdiri dari tingkat II,III, dan IV. Peserta tahun ini  sedikit turun dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar Fedi.

Fedi menjelaskan, ada dua bentuk soal yang disediakan dalam lomba ini. Empat soal dengan jawaban singkat dan dua soal uraian. 

iklan

Kepada para mahasiswa ia menegaskan, jangan melihat ajang olimpiade ini dari sisi hadiah tetapi pengalamanlah yang paling berharga.

Menurutnya, mahasiswa yang terlibat juga harus bersyukur. Untuk menjadi peserta olimpiade tingkat prodi, para mahasiswa harus melewati proses seleksi yang cukup panjang. 

“Selamat kepada peserta yang ikut terlibat dalam olimpiade. Harus disyukuri, karena pemilihan peserta dilakukan dengan berbagai pertimbangan seturut kriteria tertentu”, ucap Fedi.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA