Olimpiade Sains Tingkat SD, Langkah Konkret SPATER Maumere Kembangkan SDM

Maumere, Ekorantt.com – SMPK Frater Maumere menyelenggarakan olimpiade sains tingkat SD se-Kabupaten Sikka yang berlangsung di Aula Mardi Wiyata SMPK Frater Maumere pada Jumat (08/11/2019). Tahun ini olimpiade sains dikuti 24 sekolah dasar.

Sebanyak 100 regu bersaing dalam perlombaan ini. 100 regu tersebut terdiri dari 36 regu untuk perlombaan Matematika, 35 regu untuk Ilmu Pengetahuan Alam, dan 29 regu kategori lomba Ilmu Pengetahuan Sosial. Perlombaan dibagi dalam tiga babak yakni penyisihan, semi final, dan final.

Sekolah yang juara akan mendapatkan piala bergilir dari Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Sikka dan sejumlah uang pembinaan.

Perwakilan dari masing-masing sekolah menunjukkan wajah optimis dan yakin menjadi jawara dalam perlombaan.

Untuk diketahui, olimpiade sains tahun 2019 adalah yang keenam kalinya dilaksanakan oleh SMPK Frater Maumere. Dan selama tiga tahun berturut turut SDK Bhaktyarsa menjadi pemenangnya.

iklan

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Ardianus Bareng, kegiatan ini bertujuan untuk menambah daya saing daerah khususnya di era globalisasi.

Olimpiade sains, tegas Bareng, merupakan bentuk kepedulian lembaga pendidikan SMPK Frater Maumere dalam menyiapkan generasi muda terbaik lewat lomba-lomba baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

“Selain itu, sebagai tempat belajar antar sekolah di Kabupaten Sikka untuk terus memperbaharui kualitas ke arah positif,” kata Bareng.

Bareng menambahkan sesuai data sekolah dasar dari Dinas PKO Kabupaten Sikka, semua SD di Kabupaten Sikka mendapatkan undangan untuk mengikuti olimpiade ini.

“Semua sekolah berhak mengikuti bahkan dari pulau terluar seperti Pemana, Palue, namun tidak semua sekolah siap untuk berolimpiade, dan kami paham itu,” bebernya.

Sumber Daya Manusia

Bupati Sikka Fransisko Roberto Diogo, dalam sambutan pembukanya mengatakan, inisiatif SMPK Farter Maumere melaui kegiatan perlombaan sains adalah langkah konkret dalam mengembangkan SDM anak-anak di Kabupaten Sikka.

“Kita tidak akan menjadi negara yang maju kalau kita tidak membangun SDM secara sungguh-sungguh,” tegasnya.        

Ia juga menjanjikan hadiah beasiswa pendidikan bagi pemenang pada tahun yang akan datang.

Kepala sekolah SMPK Frater Maumere, Fr. M. Herman Yoseph, BHK berharap melalui kegiatan ini dapat melahirkan karakter-karakter pemimpin negeri berjiwa saintis khususnya di Nian Tana Sikka.

“Nanti di akhir lomba pasti akan ada sekolah yang mendapat juara satu, dua, tiga dan seterusnya.  Jangan berkecil hati, kalian semua adalah yang terbaik dari ke-24 sekolah ini,” ucapnya memotivasi para siswa yang akan berlaga.

Aty Kartikawati

TERKINI
BACA JUGA