Terbitkan Buku “Cara Cerdas Meraih Prestasi IPA”, Viktor Rema Gare: Bahagia Saling Berbagi

Libunio, Ekorantt.com – Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk membagikan talentanya kepada sesama. Viktorinus Rema Gare, Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bajawa Utara (SMPN 2 Batara), memilih membagikan talentanya kepada sesama dengan menulis dan menerbitkan sebuah buku. Judul buku itu “Cara Cerdas Meraih Prestasi IPA: Kumpulan Materi dan Soal-Soal”.

Cover buku “Cara Cerdas Meraih Prestasi IPA: Kumpulan Materi dan Soal-Soal” (2019) karya Viktorinus Rema Gare. Foto/Facebook VIKTORREGAR

Viktor saat dihubungi Ekora NTT, Jumat (6/12/2019) mengungkapkan, buku setebal 197 halaman itu berisi tentang Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), indikator, materi singkat, kumpulan soal, dan kunci jawaban materi mata pelajaran Fisika SMP. Materi yang dibahas mencakup seluruh materi dari kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX.   

Mantan Guru Fisika di SMPK Frateran Maumere ini menjelaskan, penulisan buku terbitan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, Malang, Jawa Timur (2019) tersebut bertolak dari hadirnya kurikulum IPA Terpadu yang tidak lagi bersifat parsial. Dengan kurikulum baru itu, seorang guru IPA Terpadu berlatarbelakang pendidikan sarjana Biologi mesti bisa mengajar mata pelajaran Fisika.

“Buku ini membantu guru IPA Terpadu dalam menerapkan pembelajaran di kelas, khususnya materi Fisika,” ungkap Viktor kepada Reporter Ekora NTT.

Menurut Viktor, tujuan penulisan buku itu adalah membantu para guru dan siswa memahami materi Fisika dengan cara yang lebih mudah dan sederhana. Dia mencoba menjelaskan materi Fisika dengan cara yang sederhana agar mudah dipahami oleh para pendidik dan peserta didik.

iklan

Alumnus Universitas Hasanudin Makassar ini menceritakan, kesulitannya dalam proses penulisan buku itu adalah mencari waktu luang untuk menulis dan mencari penerbit untuk menerbitkannya. Dia mengaku sudah mulai mengumpulkan materi buku sejak tahun 2010. Saat itu, Viktor masih aktif mengajar dan mengabdi di SMP Frater Maumere (2005-2012).

“Untuk materinya, saya kumpulkan sejak 2010. Kebetulan, ketika masih aktif mengajar di SMP Frater Maumere, saya sudah memberikan privat sehingga materi privat saya masukkan juga ke dalam buku ini. Siswa yang mewakili NTT Olimpiade Sains Fisika Tahun 2010 adalah siswa privat saya sejak dia masih SD. Nama siswanya Henri Asaleo, anak Dokter Toni Toko Utama Maumere,” ungkap pria kelahiran Libunio, So’a, Ngada ini.

Putra Sulung dari Alm. Hendrikus Gare Keo ini mengungkapkan, buku tersebut di atas memberikan kebahagiaan psikologis kepada dirinya. Sebab, dia bisa saling berbagi ilmu dengan sesama melalui materi Fisika yang ia kumpulkan sejak tahun 2010 lalu. Akhirnya, dia berharap, buku ini dapat menjadi salah satu referensi pelajaran IPA bagi para guru dan siswa.

Dalam laman Facebook “Victor Regar”, Viktor melampirkan nomor kontak Hp/WA [082144036098] bagi para pembaca yang berminat untuk memesan buku seharga Rp60.000,00 itu.

Proficiat, Pak Viktor! Teruslah menulis dan menginspirasi!

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA