Animo Pemuda Sikka Jadi Bintara TNI AD Meningkat

Maumere, Ekorantt.com – Animo pemuda di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mendaftar menjadi calon bintara TNI AD Sikka semakin meningkat.

Komandan Kodim (Dandim) 1603/Sikka, Letkol Inf. Muhammad Zulnalendra Utama mengatakan, dibandingkan dengan tahun lalu, pelamar tahun ini lebih banyak. Ada 56 orang pelamar.

“Saya berharap kita punya wilayah yang sangat luas ini, kita juga butuh sumber daya manusia (SDM) yang bagus,”kata Zulnalendra saat ditemui Ekora NTT, pekan lalu di Kodim 1603 Sikka.

Ia mengatakan, ada beberapa persyaratan bagi calon bintara PK dan calon bintara unggulan yakni memenuhi persyaratan administrasi, mengikuti tes kesehatan , mental, ideologi, dan psikologi.

Khusus calon yang mendaftar jalur unggulan harus memenuhi keahlian tertentu, seperti; atlet, paramedis, tenaga IT, dan keahlian lainnya.  Tentu saja dengan melampirkan sertifikat atau ijasah sesuai dengan keahliannya.

iklan

“Ini programnya Bapak KASAD untuk memenuhi tentara-tentara yang kosong, khususnya di luar daerah. Sementara untuk wilayah Jawa, Bali, dan Kupang ditutup. Jadi ada program ini sistemnya per zonasi,” sebut Zulnalendra.

“Tapi yang dibuka itu Flores, karena mereka nanti disiapkan untuk mengisi kekosongan-kekosongan di satuan, atau koramil-koramil, kodim-kodim yang ada di daerah kepulauan ini,” tambahnya.

Ia pun mengimbau kepada generasi muda untuk menjaga fisik, tetap berlatih, tetap belajar sehingga bisa lulus.

“Saya berharap mereka bisa menjadi kader-kader penerus bangsa ini yang baik. Jika mereka tidak dapat, mereka pernah mengikuti pelatihan di sini yang bisa membuat karakter baik dan saya harapkan bisa ke arah yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA