Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Ngada, drh. A. M. Felisitas Killa memberikan edukasi tentang manfaat lamtoro taramba kepada 120 siswa Sekolah Dasar Tanawolo, SDI Kurubhoko, dan SMP Satap Kurubhoko di Kantor Pusat Kesehatan Hewan Resor Peternakan Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada, Jumat (24/01/2020)

Bajawa, Ekorantt.com – Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Ngada, drh. A. M. Felisitas Killa mengajak ratusan peserta didik di Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada untuk menanam lamtoro jenis taramba.

Hal ini disampaikannya saat memberikan edukasi tentang manfaat lamtoro taramba kepada 120 siswa Sekolah Dasar Tanawolo, SDI Kurubhoko, dan SMP Satap Kurubhoko di Kantor Pusat Kesehatan Hewan Resor Peternakan Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada, Jumat (24/01/2020).

Kadis Killa mengatakan, anakan lamtoro taramba memiliki ciri khas yang berbeda dari lamtoro lain. Lamtoro jenis ini memiliki daun yang cukup lebat dan cocok dijadikan pakan ternak, khususnya sapi.

Menurutnya, dalam rangka swasembada pakan ternak, pihaknya gencar mensosialisasikan gerakan menanam lamtoro taramba.

“Ini tanaman dari Australia. Selain digunakan untuk pakan ternak, tanaman ini juga tahan panas apalagi kalau musim panas panjang dan memiliki daun yang lebat,” ujarnya.

Kepada para siswa, Kadis Killa juga berharap agar bisa menyampaikan kepada orang tua untuk tidak lagi membakar hutan untuk kepentingan berburu, buka ladang dan lain sebagainya.

“Lahan kita semakin sempit karena masyarakat sudah banyak buka kebun. Dengan sendirinya lahan untuk pengembalaan ternak semakin sempit. Kita perlu ada gerakan penyediaan pakan ternak terencana. Salah satunya melalui penanaman lamtoro sehingga ternak gemuk dan bisa dijual untuk bayar uang sekolah,” jelas Kadis Killa.

Terkait dengan pakan ternak, terutama jenis taramba, Dinas Peternakan Ngada mengembangkannya di Mengeruda sejak tahun lalu.

Selain lamtoro jenis taramba, dikembangkan juga jenis pakan lainnya.

“Pakan berbiji kita kembangkan lamtoro dan turi selain jenis pakan tak berbiji. Semua kita dorong, tergantung kelompok ternak mau menanam. Di Were kita juga ada pusat bibit pakan jenis rumput,” paparnya. Untuk diketahui kegiatan ini dimoderatori Ketua Yayasan Puge Vigo Emanuel Djomba.

Belmin Radho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here