Peserta kegiatan LDK dari Himpunan Program Studi (HMPRO) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) IKIP Muhammadiyah Maumere

Maumere, Ekorantt.com – Himpunan Program Studi (HMPRO) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) IKIP Muhammadiyah Maumere menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) selama dua hari pada 7-8 Februari 2020 di Kampus IKIP Muhammadiyah Maumere.

Bekerja sama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IKIP Muhammadiyah Maumere, kegiatan tersebut mengusung tema “Mengembangkan Etika Kampus yang Kreatif dan Dinamis”.

Ada 50 mahasiswa Prodi PBSI yang mengikuti LDK. Mereka dibekali berbagai materi kepemimpinan, dengan tujuan membentuk karakter pemimpin yang beretika, berjiwa kreatif dan dinamis pada masa depan.

Selain itu, Oktavianus Sangsun Sawa selaku ketua panitia menyebutkan LDK digelar dalam rangka membentuk pengurus HMPRO yang mempunyai jiwa kerja sama, saling menghormati, toleransi, sopan santun disiplin, dan bertanggung jawab.

“Inti agenda kegiatan agar para mahasiswa tahu bagaimana seharusnya menjadi pemimpin. Bisa menjadi panutan, teladan, dan mampu membimbing teman-teman,” kata Sawa.

Ketua Prodi PBSI Kampus IKIP Muhammadiyah Maumere, Maria E.D. Lering mengatakan, kegiatan LDK wajib didukung. Mengapa? Melalui LDK, para mahasiswa bukan saja belajar perihal kerja sama dan kekompakkan tetapi juga belajar bagaimana beretika dalam berorganisasi.

Bagi Dekan Pendidikan Sosial dan Humaniora IKIP Muhammadiyah Maumere, Nur Chotimah kegiatan LDK kali ini berbeda dengan sebelumnya.

“Tahun ini ada materi tentang entrepreneurship. Salah satu materi yang akan menjadikan mahasiswa memiliki jiwa berusaha dengan berbagai ide kreatif sehingga mampu membesarkan HMPRO melalui usaha-usaha kreatif,” jelas Chotimah.

“Mahasiswa mengimplementasikannya bukan saja dalam kehidupan berorganisasi namun dalam kehidupan masyarakat,” tambah Nur.

Sementara itu salah satu peserta Martono menilai, LDK memberikan ilmu yang berharga, khususnya bagaimana beretika dalam berorganisasi. Baginya, etika yang baik akan membuat organisasi tetap langgeng.

Yuven Fernandez

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here