Tambah Satu Kasus Positif Corona, Ini Langkah Cepat Satgas Covid-19 Flotim

Larantuka, Ekorantt.com – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Flores Timur (Flotim) merilis, ada penambahan satu kasus positif corona di Kabupaten Flores Timur.

Sebelumnya, telah dikirim 7 sampel swab ke Kupang pada Jumat, 22 Mei 2020.

“Hari ini, genap 6 hari kita menunggu hasil pemeriksaan 7 sampel swab yang kita kirim ke Kupang. Ada 4 yang sudah disampaikan hasilnya. Dari 4 yang sudah disampaikan hasilnya ini, 1 orang dikonfirmasi positif, sedang ke 3 yang lainnya negatif,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Flotim, dr. Agustinus Ogie Silimalar kepada wartawan di ruang kerja Sekda Flotim, Jumat (29/05/2020).

Ogi menerangkan, pasien Covid-19 yang baru dikonfirmasi positif ini berinisial AL dan berasal dari Desa Sagu, Kecamatan Adonara. Sang pasien sempat mengikuti kegiatan tablikh akbar di Gowa. Ia tiba di Pelabuhan Laut Larantuka dengan kapal Lambelu, Selasa (24/3/2020) pagi.

“Pada pemeriksaan rapid test pertama, tanggal 5 Mei, AL dinyatakan non reaktif. Rapid test kedua pada tanggal 15 Mei, hasilnya AL reaktif. Setelah dinyatakan reaktif, AL langsung kita pindahkan ke ruang isolasi khusus di RSUD Larantuka pada tanggal 16 Mei 2020,” jelasnya.

iklan

“Sudah kurang lebih dua minggu sudah di ruang isolasi,” tambah Ogi.

Ogi menjelaskan, saat ini Satgas Covid-19 Flotim mengambil langkah cepat dengan melakukan tracing atau pelacakan terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien.

“Pasien sendiri di dalam rumahnya hanya dengan istrinya. Pasien adalah seorang nelayan. Paling pertama kita lakukan pemeriksaan terhadap istrinya. Setelah itu kita lakukan pelacakan pada orang-orang yang sudah melakukan kontak erat dengannya,” jelas Ogi.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA