Pelayanan Sakramen dan Ibadat di Keuskupan Maumere Kembali Dibuka

Maumere, Ekorantt.com – Pelayanan Sakramen dan ibadat di Keuskupan Maumere kembali dibuka menyambut new normal. Uskup Keuskupan Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu mengatakan, pelayanan di gereja mulai berlaku 5 Juli 2020 mendatang.

Kendati demikan, Mgr Edwaldus meminta umat untuk tetap serius “jaga jarak fisik, selalu mencuci tangan pada air yang mengalir, dan menggunakan masker di manapun kita berada” sebagaimana protokoler kesehatan yang diimbau pemerintah.

“Sebagai uskup, saya mengajak semua umat keuskupan Maumere untuk memasuki masa kenormalan baru ini dengan penuh sukacita, rajut kembali kebersamaan melalui doa, ibadat, dan perayaan ekaristi dalam komunitas gereja katolik,” ungkap Mgr. Edwaldus di Lepo Bispu-Istana Keuskupan Maumere, Kamis (2/7/2020).

Mgr. Edwaldus menyadari bahwa sejak virus corona melanda dunia, kecemasan menghantui manusia. Suasana menjadi tak bersahabat. Bahkan, dunia berduka.

Memang benar adanya. Virus corona telah memakan banyak korban jiwa dan membuat akvitas manusia macet. Dampak corona juga merangsek masuk dalam gereja: ibadat dan pelayanan tak bisa dilakukan di gereja.

iklan

Mgr. Edwaldus menambahkan, jumlah umat dibatasi dalam menjalankan kegiatan pelayanan di gereja. Dan umat yang hadir harus benar-benar dalam keadaan sehat.

“Yang dibatasi itu anak-anak yang belum komuni pertama dan juga yang lanjut usia. Tapi yang lanjut usia yang sehat kuat silahkan. Tetapi yang sakit-sakitan, seperti batuk, sesak napas dan sebagainya dianjurkan untuk di rumah saja,” sebut Mgr. Edwaldus.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA