Mie Kelor, Keativitas Mahasiswa KKNT IKIP Muhammadiyah Maumere di Desa Geliting

Maumere, Ekorantt.comSekelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) dari IKIP Muhammadiyah Maumere memberikan pelatihan pembuatan mie kelor atau merunggai, (Moringa Oleifera) kepada ibu-ibu di Desa Geliting, Kecamatan Kewapante pada Kamis (2/7/2020).

Kegiatan ini menurut Kepala Desa Geliting, Makarius Oskar adalah dalam rangka memberikan nilai pemanfaatan yang lebih kepada para ibu rumah tangga di desanya agar dapat lebih kreatif dalam mengolah daun kelor.

“Kami pemerintah desa sangat mendukung kreativitas dari adik-adik mahasiswa ini. Mereka datang dengan ilmu yang bagus sekali untuk dibagikan kepada kami agar mengetahui nilai lebih dari daun kelor agar supaya tahu bahwa kelor tidak hanya diolah jadi sayur saja tetapi juga dapat dijadikan mie kelor,” demikian tutur Makarius.

Dosen Pembimbing Mahasiswa KKNT, Nur Chotimah menyatakan KKNT kali ini berbeda karena salah satu agenda kerja dari kelompok mahasiswa yang turun ke lapangan adalah mengembangkan ekonomi kreatif dengan mengandalkan kearifan lokal.

“Untuk para mahasiswa KKNT di Geliting, mereka mengolah makanan yang memiliki nilai jual dan kelor jika diinovasikan sedemikian rupa dengan teknik pengemasan dan pemasaran yang menarik sudah tentu akan bernilai jual tinggi,” ujar Nur Chotimah.

iklan

Terkait produk mie kelor, salah satu mahasiswi KKNT Nurul Sakinah Febriyanti mengungkapkan, dirinya senang bisa berbagi ilmu dengan masyarakat perihal pemanfaatan daun kelor ini.

“Semoga setelah kami melaksanakan KKNT, inovasi daun kelor akan semakin dikembangkan lagi oleh masyarakat Desa Geliting,” ujar Nurul.

Nurul Sakinah Febriyanti, Elvina Novani, Diana Novita, dan Veramos Nong Sama, empat mahasiswa yang menjalankan KKNT di Desa Geliting mengaku senang karena disambut hangat oleh warga desa. Keempatnya menjelaskan bahwa KKNT di Desa Geliting dimulai sejak tanggal 15 Juni 2020 dan akan berakhir tanggal 16 Juli 2020 mendatang.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA