Pilkada Manggarai Kian Mendekat, Kasus Covid-19 Bertambah

Ruteng, Ekorantt.com – Perhelatan Pilkada Manggarai 9 Desember 2020 mendatang kian mendekat. Di sisi lain, angka kasus Covid-19 di Manggarai bertambah.

Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai merilis total pasien Covid-19 sampai dengan Kamis (3/9/2020) berjumlah 15 orang, sembuh 4 orang, meninggal 1 orang, dan masih dirawat 10 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa mengatakan, 44 sampel swab dikirim pada 29 Agustus 2020 dan diperiksa di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD W. Z. Yohanes Kupang.

“Ada 10 sampel swab dari total 44 swab yang dikirim ke Kupang hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19,” sebut Lodovikus dalam rilis yang diterima Ekora NTT, Kamis (3/9/2020).

Menanggapi hal ini, Koordinator Divisi Pengawasan dan Humas Bawaslu Manggarai, Hery Harun mengatakan, pihaknya telah melakukan pencegahan sejak awal.

iklan

KPUD Manggarai, kata Harun, telah menyurati tim Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) untuk tidak melibatkan banyak massa saat mendaftarkan diri di KPU.

“Bagi kami, dari sisi pencegahannya, kami sudah surati pasangan calon agar proses pendaftaran itu tidak perlu melibatkan massa karena di KPU juga dibatasi,” jelasnya.

Hery menuturkan, jumlah orang masuk ruangan KPU maksimal 30 orang, diantaranya; Bapaslon dan istri, tim pemenangan, dan pengurus partai pengusung.

“Soal mereka konvoi di luar, bukan kewenangan kami,” cetusnya.

Lebih lanjut, kata Harun, kegiatan kampanye sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 6 Tahun 2020 tentang kewajiban penerapan protokol kesehatan di Pilkada 2020.

Sementara Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Manggarai, Ricardus Jemmi Pentor menjelaskan, pada prinsipnya KPU sudah menyampaikan standar operasional pelaksanaan pendaftaran hingga kampanye di tengah pandemi Covid-19.

Jemmi menjelaskan, tahapan Pilkada tetap berjalan asalkan adanya pembatasan-pembatasan tertentu.

“Misalnya dalam metode tatap muka atau pertemuan terbatas, hanya maksimal 50 orang atau sesuai dengan kapasitas dari ruangan tersebut,” jelanya.

“Kemudian nanti ada waktu 14 hari di mana mereka akan melaksanakan kampanye melalui media daring,” tutupnya.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA