SMAK Sta. Maria Monte Carmelo Maumere Harus Menjadi Seminari Awam

Maumere, Ekorantt.com – Kakanwil Kemenag Provinsi NTT, Marselinus Sarman menegaskan bahwa SMAK Sta. Maria Monte Carmelo Maumere harus memosisikan diri sebagai seminari awam.

Posisi sebagai seminari awam sangat sesuai dengan konteks Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) yang berciri khas katolik. Demikian penjelasan Sarman dalam tatap muka dan dialog bersama komunitas SMAK Sta. Maria Monte Carmelo Maumere, 3 September 2020 lalu.

“Sekolah ini harus menjadi seminari awam atau seminari milik awam. Sebab tidak semua anak bisa sekolah di seminari-Seminari milik gereja keuskupan. Maka pemerintah memberikan jawaban dengan menyelenggarakan SMAK sebagai sarana agar semakin banyak yang memiliki pengetahuan agama yang cukup, berkarakter baik, dan bisa dihayati dalam hidupnya sehari-hari. Tujuannya adalah semakin banyak yang memiliki pengetahuan agama yang cukup dan mampu menghayati dalam hidup bermasyarakat,” kata Sarman.

Ketua Yayasan Santa Maria Karmel, Karolus Sola, O.Carm pada kesempatan itu berkomitmen untuk mewujudkan mimpi cita-cita SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere sebagai sekolah yang berekosistem Katolik dan berbasis karisma Karmel.

Pastor Karolus juga menekankan pentingnya peran asrama.

iklan

“Asrama harus menjadi komunitas yang membantu para peserta didik menimba pengalaman hidup bersama, berkolaborasi, dan mendulang prestasi dalam berbagai bidang,” tegasnya.

Tekait profil sekolah, Kepala Sekolah SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere, Pastor Benediktus Bani, O. Carm merincikan bahwa ada 22 tenaga pengajar, terdiri dari tujuh pastor, dua frater, 12 guru honor dan seorang guru ASN.

“Jumlah peserta didik saat ini, berdasarkan data Dapodik, 84 peserta didik yang terdiri dari 46 peserta didik kelas X dan 42 peserta didik kelas XI tersebar dalam enam rombongan belajar. Dibagi dalam tiga peminatan yakni ilmu bahasa dan budaya, ilmu sosial dan matematika-ilmu alam,” tutup Pastor Benediktus.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA