Sabinus Nabu: Jadi Dosen harus Mencintai Pekerjaan Tanpa Paksa

Maumere, Ekorantt.com – Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Universitas Nusa Nipa ( Unipa) Maumere, Sabinus Nabu mengatakan, ada enam kekuatan dasar untuk membangun Passion for Success yang harus dimiliki dosen yakni believe, mindset, habit, attitude, goal, dan action.

Sabinus mengungkapkan hal itu sebagai pemateri pertama bertajuk Passion for Success pada Pelatihan Dasar Keterampilan Pembelajaran dan Sistem Informasi Akademik yang dilaksanakan di Ruangan Sapientia Unipa Senin (28/9/2020).

Pelatihan ini diikuti 37 dosen muda yang terdiri dari 26 dosen muda Unipa dan 11 dosen muda Politeknik Cristo Re Maumere selama 6 hari, 28 September 2020 hingga 3 Oktober 2020.

Menyinggung paradigma pembelajaran gaya baru, mantan Sekda Sikka ini mengatakan, kini mahasiswa sudah menjadi pusat pembelajaran.

“Dosen bukan orang biasa tetapi sebagai orang yang terhormat dan bermartabat. Passion for Success yakni kecintaan akan apa yang dikerjakan tanpa paksa. Jadi dosen harus mencintai pekerjaan tanpa paksa,” tegas Sabinus.

iklan

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unipa, Angelinus Vincentius membawakan materi “Pendidikan Sebagai Sistem” dan Wakil Rektor I Bidang Akademik Jonas K. D. Gobang menyajikan materi “Etika dan Atmosfir Akademik”.

Pada pembukaan Pelatihan, Rektor Angelinus mengatakan, penguasaan keterampilan dasar akademik mutlak dimiliki seorang calon dosen.

“Para dosen harus terus mengupdate diri sesuai dengan tuntutan revolusi industri Four Point Zero tetapi tetap rendah hati,” ujar Angelinus.

Salah satu peserta, Dosen Politeknik Cristo Re Maumere, Willy Bata menilai pelatihan selama 6 hari ini penting sekali bagi dosen.

“Pelatihan ini dapat melahirkan dosen yang mumpuni dalam bidang ilmu masing-masing. Mampu menguasai karakteristik mahasiswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik dan penguasaan teknologi, ” ungkap tamatan Pascasarjana Universitas Negri Yogyakarta itu.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA