Berlangsung Tiga Kali, Ini Tiga Tema Debat Pilkada TTU

Kefamenanu, Ekorantt.com – Debat Paslon dalam kontestasi Pilkada di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) akan berlangsung sebanyak tiga kali. Debat kali pertama akan digelar pada 24 Oktober 2020 mendatang. Sementara debat kedua dan ketiga dijadwalkan pada bulan November 2020.

Meski demikian, pihak KPUD TTU belum menentukan tempat pelaksanaan debat paslon nanti. Namun pihaknya memastikan tempat yang digunakan nantinya adalah ruangan tertutup sesuai dengan peraturan KPU untuk protokol kesehatan.

“Peserta debat yang nantinya akan dibatasi. Jumlah tim pemenangan yang akan diizinkan untuk menghadiri debat tersebut pun akan dibatasi dengan masing-masing pasangan hanya boleh didampingi 4 orang tim pemenangan. Sementara itu, komisioner KPU 5 orang, komisioner Bawaslu 3 orang, moderator, dan Master of Ceremony,” jelas Ketua KPUD TTU, Paulinus Lape Feka saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (08/10/20).

“Walaupun dibatasi jumlah peserta yang hadir tetapi masyarakat bisa mengakses melalui media sosial,” paparnya.

Untuk tema sendiri, jelas Paulinus, ada tiga tema besar yang akan dijadikan sebagai bahan debat para paslon. Di antaranya mengenai peningkatan kesejahteraan masyarakat, penyelesaian persoalan-persoalan yang ada dan mengenai isu-isu kebangsaan.

iklan

“Paling tidak isu-isu itu memberikan wawasan bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk menjaga NKRI,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu TTU Martinus Kolo mengatakan, Bawaslu akan mengawasi pelaksanaan debat paslon. Terutama penerapan protokol kesehatan, jumlah peserta, dan juga kesiapan gedung yang akan digunakan untuk debat nanti.

“Kita akan melakukan pengawasan terhadap jalannya debat nanti dan kita berharap panelis, serta moderator diambil dari kalangan independen dan profesional,” harapnya.

Kristoforus Dos Santos

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA