M.G Winokan Diusulkan Jadi Nama Jalan di Kota Ende

Ende, Ekorantt.com – Bupati Ende pertama, Mauritz Gerardus Winokan diusulkan jadi nama salah satu jalan di Kota Ende. Usulan tersebut datang dari sejumlah anggota DPRD Ende dan warga yang punya kepedulian dengan jasa Bupati Winokan.

Anggota DPRD Ende dari Partai Hanura, Agus Pake kepada media di Ende, Selasa (17/11/2020) mengusulkan kepada Bupati Ende, H. Djafar H Achmad untuk menetapkan nama salah satu nama jalan di Kota Ende menjadi Jalan Winokan.

“Saya sangat setuju jika jasa beliau sebagai bupati Ende pertama yang menjabat dua periode dan sebagai perintis pembangunan Kabupaten Ende harus diberi penghargaan,” ujarnya.

Winokan, menurut Pake, merupakan figur pemimpin yang merakyat dan perintis pembentukan enam kecamatan awal di Kabupaten Ende.

“Beliau yang awal membentuk enam kecamatan di Kabupaten Ende. Ada Nangapanda, Detusoko, Ende, Ndona, Wolowaru, dan Magekoba yang sekarang menjadi kecamatan Wolowaru,” jelas Pake.

iklan

Senada dengan itu, anggota DPRD dari Partai Demokrat, Mahmud Jegha menjelaskan, bupati pertama Ende layak diberi penghargaan.

“Kita tahu di saat itu, banyak kesulitan akses dengan situasi negara yang belum stabil dengan berbagai pemberontakan namun Bapak Winokan sangat tegar dan tetap membangun konsolidasi bersama rakyat untuk membangun Ende. Ini sebuah prestasi yang harus dihargai,” tegas Mahmud.

Wakil rakyat lainnya, Eman Minggu bahkan dengan tegas meminta Bupati Ende untuk mengeluarkan Perbup perubahan nama salah satu jalan di Kota Ende menjadi Jalan Winokan.

Menurut Minggu, sudah seharusnya pemerintah bersama DPRD Ende memberikan penghargaan kepada M.G Winokan sebagai bupati pertama di Kabupaten Ende.

“Tidak sulit itu. Butuh komitmen dan nurani. Kalau kita menghargai sejarah maka sudah saatnya kita juga memberikan penghargaan kepada pelaku sejarah,” terang politisi Partai Solidaritas Indonesia ini.

Warga Kabupaten Ende, Novi Nulangi pun sependapat untuk mengabadikan nama Bupati Winokan di salah satu jalan di Kota Ende.

“Untuk apa nama jalan banyak nama buah-buahan yang juga bukan menjadi ikon atau potensi kita di Ende. Berikan penghargaan kepada Bapak Winokan dengan salah satu nama jalan,” usul Nulangi.

Untuk diketahui, Maurits Gerardus Winokan menjabat sebagai Bupati Ende pertama selama dua periode sejak tahun 1958-1961 dan tahun 1962-1967. Pada tahun 1966 Winokan wafat dan dimakamkan di Pekuburan Katedral Ende.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA