Dinas Dukcapil Matim Rekam KTP Pasutri Penderita Lumpuh dan Kanker Kulit

Borong, Ekorantt.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) telah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Stanis Laut dan Edita Lenem, pasangan suami istri (pasutri) penderita lumpuh dan kanker kulit asal Desa Ulu Wae, Kecamatan Lamba Leda Timur, pada hari ini, Jumat (12/2/2021).

Selain melakukan perekaman KTP, pihak Dinas Dukcapil juga telah menyerahkan Kartu Keluarga (KK) pasutri tersebut.

“Tadi kami turun langsung untuk melakukan perekaman KTP bapak Stanis dan ibu Edita. Kami juga sudah menyerahkan KK-nya,” ujar Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Matim, Robert Bonafantura.

Menurut Kadis Robert, ia bersama beberapa stafnya memberikan pelayanan langsung di rumah warga yang sakit itu, supaya proses pengurusan KTP lebih cepat.

“Kalau KTP-nya sudah cetak, tinggal urus BPJS, sehingga mereka cepat mendapat perawatan,” tuturnya. 

iklan

Stanis mengalami lumpuh sejak 2016, setelah terjatuh akibat licin. Sedangkan istrinya, Edita, mengalami kanker kulit wajah sejak 2010. Kondisi Edita kini semakin memburuk, di mana bola mata kanannya tenggelam akibat penyakit tersebut.

Kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan membuat keduanya tidak bisa dirawat di rumah sakit. Apalagi mereka belum mengantongi kartu BPJS Kesehatan, sehingga sulit menjangkau pelayanan kesehatan gratis.

Sekretaris Daerah Matim, Boni Hasudungan Siregar mengaku akan memperjuangkan agar Stanis dan Edita terdaftar di BPJS Kesehatan melalui program Jamkesda.

“Jika KTP dan KK-nya sudah dibuat, supaya saya minta BPJS Kesehatan daftar dan dibayarkan oleh Pemda,” katanya.

Rosis Adir

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA