Tiga Tahun SMAK Mukusaki-Ende Berdiri, Efraim: Sedang Diajukan Jadi Sekolah Negeri

Ende, Ekorantt.com – Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) St. Yoseph Freidemetz Mukusaki di Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende merupakan salah satu dari 37 SMAK yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sekolah ini didirikan atas kerinduan umat di Paroki Mukusaki untuk mendorong pola pendidikan kader-kader awam yang memiliki pengetahuan keagaamaan yang kuat serta penguatan moralitas di tengah arus globalisasi.

Dibangun di Desa Mukusaki hingga saat ini SMAK St. Yoseph Freidemetz Mukusaki memiliki 40 siswa. Sekolah ini bernaung dibawah Yayasan St. Petrus-Ende yang telah mengantongi seluruh izin operasional dari Kementrian Agama.

Direncanakan, tahun 2022 pihak sekolah dan pendiri akan memperjuangkan SMAK St. Yoseph Freidemetz Mukusaki menjadi sekolah negeri di Kabupaten Ende.

Kepala SMAK Mukusaki, Efraim Belaminus Ngaga kepada media di Ende pada Jumat,(25/02/2021) menjelaskan kehadiran sekolah tersebut diharapkan mampu memberi nilai dan wadah bagi ketersediaan sarana pendidikan bagi warga di wilayah pantai utara (Pantura) Kabupaten Ende.

iklan

“Kita terima kasih kepada pihak Kementerian Agama yang telah membantu pembangunan gedung tiga unit pada tahun 2021 ini,”ungkap Efraim

Dijelaskannya, komite dan para guru sudah menyepakati untuk mendorong SMAK St. Yoseph Freidemetz Mukusaki menjadi sekolah negeri dibawah naungan Kementrian Agama Republik Indonesia.

Saat ini pihaknya telah mengajukan administrasi dan berkoordinasi dengan pihak Kementrian Agama Kabupaten Ende untuk mempercepat proses pengajuan menjadi sekolah negeri.

“Iya, sedang diproses untuk menjadi status sekolah negeri. Kalau sudah negeri berarti dapat membantu beban orang tua siswa,”katanya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA