Satgas Covid-19 Sikka Minta Para Pastor Bantu Sosialisasi Vaksinasi

Maumere, Ekorantt.com – Puluhan pastor dari Keuskupan Maumere mengikuti program vaksinasi Covid-19 di Kantor Bupati Sikka pada Rabu (10/3/2021). Mereka mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sikka.

Di sela-sela observasi setelah vaksin, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka Bidang Kesehatan, dr Clara Yosefina Francis memberikan pemahaman seputar vaksinasi yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah.

Kepada para pastor, dr Clara, meminta dukungan dalam memberikan sosialisasi kepada umat di setiap paroki. Baginya, peran pastor sangat penting dalam meyakinkan umat terkait vaksinasi Covid-19.

Selama ini, lanjut dr Clara, masyarakat kerap termakan informasi bohong seputar vaksin Covid-19.

“Kita tidak boleh kalah dengan informasi hoax yang beredar di tengah masyarakat. Kita minta dukungan dari bapa pastor untuk beri pemahaman kepada masyarakat,” ujarnya.

iklan

Menanggapi hal itu, Vikjen Keuskupan Maumere, Romo Teleforus Jenti, O. Carm bilang bahwa pihak Keuskupan Maumere telah mengimbau para pastor untuk mensosialisasikan vaksin Covid-19 kepada umat di masing-masing paroki.

“Bapa uskup sendiri sudah mengimbau para pastor untuk memberikan sosialisasi kepada umat supaya mereka siapkan diri untuk menerima vaksin ini. Jadi para pastor akan menyampaikannya kepada umat,” kata Romo Jenti.

Romo Jenti pun mengimbau agar masyarakat tidak perlu takut dengan vaksinasi Covid-19.

“Karena melewati skrining, pelayanan kesehatan sangat lengkap. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mendapatkan vaksin karena baik untuk imunitas kita melawan Covid-19,” ujarnya.

Senada, Pastor Paroki Thomas Morus Maumere, Romo Lorens Noi mengajak umat dan masyarakat agar tak khawatir divaksin. Baginya, upaya vaksinasi semata-mata untuk kehidupan.

“Upaya vaksin yang dilakukan pemerintah melalui dinas kesehatan sebenarnya untuk kehidupan, dan juga untuk keselamatan. Keselamatan itu untuk diri sendiri, dan juga untuk orang lain,” jelas Romo Lorens.

“Mari kita hindari komentar-komentar yang barangkali membuat kita berapriori dan menolak vaksin. Tidak mungkin ada maksud lain dari vaksin selain untuk kehidupan,” tutupnya.

Cucun Suryana

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA