Paud Karya Ilahi Setia Mendidik Anak-anak Berkebutuhan Khusus

Maumere, Ekorantt.com – Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Karya Ilahi genap berusia 12 tahun pada 19 Maret 2021. Lembaga pendidikan yang berfokus melayani pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus ini layak mendapatkan apresiasi atas kerja dan karya yang tidaklah mudah.

Mensyukuri momen 12 tahun perjalanannya lembaga pendidikan ini menggelar acara syukuran sederhana dan pemberkatan patung Santo Yosef, sebagai pelindung sekolah tersebut.

Pimpinan PAUD Karya Ilahi, Ursula Maria pada kesempatan hari itu mengemukakan Paud Karya Ilahi memang berbeda dengan sekolah pendidikan anak usia dini lainnya. Sekolah itu fokus menggembleng anak-anak berkebutuhan khusus.

“Saya yang menginisiasi sekolah ini dengan mendirikan tiga ruang kelas telebih dauhulu. Saya tergerak membangun sekolah ini karena yakin pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus ditangani dengan baik di sini,” kata Ursula.

“Pada  usia anak-anak yang masih dini kita coba bergerak memberikan pendidikan yang maksimal menuju kemandirian. Dan kelak ketika mereka dewasa nanti anak-anak ini punya kesempatan untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan perkembangan mereka,” tambahnya.

iklan

Berdiri sejak tahun 2009, sekolah ini baru mendapat ijin operasional dari Dinas Pendidikan pada tahun 2013.

Menurut Ursula, tidak mudah mengurus soal perijinan. Ia pun memaklumi karena baginya ini adalah bagian dari tantangan. Ia juga tak patah semangat.  Segala kesulitan itu dibawanya dalam doa novena kepada Santo Yosep sebagai pelindung sekolah ini.

“Jika ada masalah kami selalu novena kepada Santo Yosep dan pasti ada jalan keluar,” kata Ursula.

Ursula pun mengisahkan pengalaman berharga mengurusi sekolah ini. Suatu ketika pihaknya  ingin mengikuti pelatihan untuk deteksi dini difabel pada anak dan sekolah tidak mempunyai biaya. Semua pihak di sekolah itu kembali membawanya dalam novena. Luar biasa  pada hari yang keempat doa mereka terkabul dan ada donatur yang memberikan bantuan. Sampai hari ini pun donatur yang memberikan sekolah bantuan itu pun tak mereka ketahui dan temui.

Kini pada usia sekolah yang ke-12, semakin banyak pihak yang menaruh respek pada karya-karya pelayanan, khususnya kepada anak-anak difabel.

Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Paud Karya Ilahi yang dengan keterbatasaanya mau melayani anak-anak berkebutuhan khusus di wilayah Kabupaten Sikka.

Ia pun secara khusus mengapresiasi pihak sekolah yang menaruh spirit hidup lembaga itu pada St. Yosef sebagai pelindung.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Sikka kami menyampaikan profisiat kepada ibu Ursula yang dengan hati mau menampung semua ini yaitu anak-anak berkebutuhan khusus dan Tuhan pun memberi orang-orang khusus untuk melayani anak-anak difabel ini. Saya percaya kelak mereka akan menjadi orang-orang khusus yang hebat dalam pembangunan di negara ini,” kata Romanus.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA