Satu Pasien Covid-19 Cluster Acara Kenduri di Damer-Matim Meninggal Dunia

Borong, Ekorantt.com – Seorang pasien Covid-19 asal Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur meninggal dunia pada Rabu (7/7/2021) pukul 18.30 WITA.

Pasien berinisial NB (90) itu diketahui terpapar virus korona sesuai hasil rapid antigen yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Dampek pada Rabu malam pukul 19.30 WITA atau satu jam setelah yang bersangkutan meninggal dunia.

Menurut Plt Camat Lamba Leda Utara, Agus Supratman, NB merupakan salah satu dari 52 orang yang dinyatakan terpapar Covid-19 usai mengikuti acara kenduri – acara khusus untuk orang yang sudah meninggal dunia – di Kampung Damer, Desa Satar Padut pada Sabtu (26/6).

“Jenazahnya (akan) dikebumikan (malam ini) pukul 00.00 WITA,” tulis Agus dalam rilis yang diterima Ekora NTT, Rabu malam.

Agus menyebut, NB meninggal di rumahnya setelah mengalami sakit sehari setelah acara kenduri berlangsung.

iklan

Ia menuturkan bahwa pihak Puskesmas Dampek melakukan rapid antigen terhadap jenazah, pasca mendapat informasi bahwa yang bersangkutan melakukan kontak erat dengan sejumlah pasien yang dinyatakan positif setelah mengikuti acara kenduri tersebut.

Agus mengatakan, Gugus Tugas  Covid- 19 Kecamatan Lamba Leda Utara bersama Relawan Aman Covid-19 Desa Satar Padut sudah melakukan pengamanan lokasi, mengedukasi keluarga pasien, dan mengambil alih jenazah sampai pemakaman. 

“Data Covid 19 Kecamatan Lamba Leda Utara, wilayah kerja Puskesmas Dampek, sebanyak 52 orang dengan uraian, 1 orang meninggal (NB), 50 orang isolasi mandiri, 1 orang rujuk ke RS Ben Mboi Ruteng,” pungkasnya.

Rosis Adir

Catatan: Berita ini telah diedit kembali, di mana sebelumnya pada paragraf kedua, kami menulis bahwa pasien menjalani rapid antigen pada Rabu pagi, pukul 07.30 WITA. Kami memohon maaf atas kekeliruan ini.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA