Polisi Bangun Gerai Vaksinasi Presisi di Labuan Bajo

Labuan Bajo, Ekorantt.com – Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat (Mabar) membangun gerai vaksinasi presisi di Aula Kemala Bhayangkari, Selasa (6/7/2021). Gerai ini mengadakan vaksinasi massal Covid-19 bagi personel dan keluarga Polri, pelaku usaha dan pariwisata, karyawan toko dan kantor Pajak Labuan Bajo, juga masyarakat.

Gerai ini juga menghadirkan petugas vaksinator dari Dinas Kesehatan, Puskesmas Labuan Bajo, dan dibantu petugas Poliklinik Polres setempat. Kegiatan vaksinasi dimulai pukul 08.30 Wita dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Vaksinasi diawali dengan pendataan peserta yang hadir. Selanjutnya dilakukan screening untuk mengetahui kondisi dan riwayat kesehatan, juga memastikan layak atau tidaknya diberi vaksin. Usai vaksin dilakukan observasi di bawah pengawasan petugas medis untuk memastikan kondisi peserta.

Wakapolres Mabar, Kompol Eliana Papote menjelaskan, gerai vaksin presisi merupakan suatu konsep yang digagas Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Intinya adalah percepatan vaksinasi khususnya di Mabar.

Vaksinasinasi akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama diikuti 300 orang dan telah memenuhi syarat. Selanjutnya dalam dua pekan ke depan akan kembali menjalani penyuntikan vaksin tahap kedua.

iklan

Eliana juga berujar, gerai vaksinasi presisi dibangun sebagai upaya mempertahankan kemampuan vaksinasi satu hari sejuta demi terwujudnya herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus SARS-CoV-2. Selain itu, membantu pemerintah agar lebih banyak masyarakat mendapat vaksin.

“Kepada masyarakat Kabupaten Manggarai Barat yang sudah menerima vaksin untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah. Tetap gunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” pinta Elina.

Tinjau Vaksinansi

Sabtu (26/06/2021), Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, meninjau vaksinasi massal masyarakat Desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo. Bambang memantau langsung proses vaksinasi, mulai dari tahap pendaftaran, penyuntikan hingga observasi pasca–vaksin.

Kegiatan ini diprakarsai secara bersama pihak TNI, Dinas Kesehatan Manggarai Barat, Puskesmas Labuan Bajo, dan Klinik Omsa Medic Marina Labuan Bajo.

“Secara serempak Polri melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 secara massal di seluruh wilayah Indonesia baik pada tingkat Polda maupun Polres. Selanjutnya secara bertahap akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai Barat,” katanya.

Selain meninjau vaksinasi massal Polres Mabar juga memberikan 80 paket sembako untuk warga Pulau Rinca. Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Selanjutnya, Senin (28/06/2021) Polres Mabar memberikan 200 paket sembako untuk warga di dua desa dan dua kelurahan yang ada di Kecamatan Komodo.

Wakapolres Mabar, Kompol Eliana Papote mengatakan bahwa pembagian paket sembako itu sebagai wujud kepedulian Polri kepada sesama khususnya masyarakat yang terdampak Covid-19. “Ada 200 paket sembako yang dibagikan secara door to door oleh personil Satlantas dan Bhabinkamtibmas diperuntukkan kepada masyarakat kurang mampu akibat terdampak Covid-19,” ujarnya.

Polres Mabar juga memberikan batuan masker bagi para pangendara roda dua maupun roda empat sebanyak 1.000 pcs. Kompol Eliana Papote mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sandy Hayon

TERKINI
BACA JUGA