Deteksi Dini, Satgas Covid-19 Lamba Leda Utara Cek Pelaku Perjalanan

Borong, Ekorantt.com – Tim Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur mengecek dan mendata pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah itu, sebagai upaya deteksi dini penyebaran Covid-19.

Pengecekan dan pendataan tersebut khusus untuk pelaku perjalanan yang merupakan penumpang kapal Pelni yang turun di pelabuhan Kedindi, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, dan masuk ke wilayah Manggarai Timur lewat jalur utara pada Kamis, 8 Juli 2021.

Kegiatan itu dilakukan di perbatasan Kabupaten Manggarai Timur dengan Kabupaten Manggarai, yakni di Gongger, Desa Satar Punda Barat, Kecamatan Lamba Leda Utara.

Plt Camat Lamba Leda Utara, Agus Supratman, mengatakan, dalam kegiatan itu pihaknya mengecek suhu tubuh, memeriksa dokumen perjalanan termasuk surat keterangan bebas Covid-19, dan mendata alamat datang  dan alamat tujuan para pelaku perjalanan tersebut.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk mendeteksi dini jejak pelaku perjalanan sekaligus agar disikapi lebih awal oleh tim Relawan Aman Covid-19 desa di alamat tujuan masing masing,” katanya dalam rilis yang diterima Ekora NTT, Kamis malam.

iklan

Total pelaku perjalanan – penumpang kapal Pelni yang turun di pelabuhan Kedindi pada Kamis, 8 Juli 2021 –  yang masuk ke wilayah Manggarai Timur melalui jalur utara sebanyak 94 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 47 orang menuju Kecamatan Lamba Leda Utara, dan sisanya menuju beberapa daerah lain di Manggarai Timur.

“Dari ke 47 pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Lamba Leda Utara, keterangan keadaan umumnya, 45 orang keadaan umumnya baik, dan 2 orang keadaan umumnya kurang baik, yaitu pelaku perjalanan menuju Kampung Maki, Desa Satar Kampas, atas nama Nafia (1) dengan keluhan pilek, dan pelaku perjalanan menuju Kampung Raba, Satar Punda Barat, atas nama Salsa Dimung (3,8), keluhan pilek,” sebutnya.

Rosis Adir

TERKINI
BACA JUGA