Distan Sikka Terjunkan Puluhan Tenaga Keswan Periksa Kesehatan Hewan Kurban Idul Adha

Maumere, Ekorantt.com – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sikka memeriksa kesehatan hewan kurban jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah pada 20 Juli 2021.

Kabid Keswan Distan Sikka, Moang Gobang, menyebutkan pihaknya telah menerjunkan 7 (tujuh) dokter hewan dan 50 petugas kesehatan hewan (keswan). Adapun kegiatan itu dilaksanakan di 34 Masjid yang tersebar di 10 wilayah kecamatan yang terdiri dari 6 kelurahan dan 16 desa di Kabupaten Sikka termasuk 4 desa di wilayah kepulauan.

“Pemeriksaan antemortem 1 hari sebelum hari-H dan pemeriksaan postmortem setelah dipotong pada hari-H,” terang Gobang kepada Ekora NTT pada Senin (19/07/2021) di Maumere.

Tujuan pemeriksaan hewan kurban, kata Gobang, untuk memastikan hewan yang dipotong sehat dan daging yang akan dikonsumsi aman, sehat, utuh dan halal.

Drh. Elfrida Triasny L. Carvallo yang bertugas memeriksa hewan kurban di Masjid Al- Fatah Jabal Nur Pulau Pemana, Kecamatan Alok melaporkan pihaknya sudah memeriksa 20 ekor kambing dan 1 ekor sapi yang akan dikurbankan.

iklan

“Dari hasil pemeriksaan antemortem semuanya layak dan sehat untuk dipotong. Kami juga akan memeriksa pada saat pada saat pemotongan dan sesudah pemotongan untuk mencek daging dan organ lainnya,” terang Elfy.

Sapi kurban di Masjid Perumnas yang siap dipotong (Foto: dok ist)

Sementara drh. Maria Antonia Yersi Dua Bura yang mengadakan pemeriksaan hewan kurban di Masjid Darussalam, Waioti, Kecamatan Alok Timur, menyebutkan sebanyak 13 ekor sapi dan 23 ekor kambing yang akan dipotong.

“Rencana untuk pemotongan kambing hanya 2 ekor. Sementara 21 ekor lainnya akan didistribusikan ke Pulau dan Masjid lainnya yang masih kurang,” jelas Kasie Kelembagaan, Veteriner bidang Keswan Distan Sikka ini.

Yersi menambahkan jadwal pemotongan di Masjid Waioti sampai 3 hari ke depan sesuai protokol Idul Qurban tahun ini.

Sedangkan drh. Evensius D’ Alxandro dari Masjid Al Muhajirin Perumnas Maumere memeriksa 21 ekor sapi dan kambing 5 ekor dan hasil pemeriksaan layak dipotong.

“Di Masjid Perumnas Maumere pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan Rabu 21 Juli 2021,”kata Xandro.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA