Kelompok Simantri di Manggarai Diingatkan Tidak Jual Sapi Bantuan

Ruteng, Ekorantt.com – Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Manggarai, Konstantinus Dan mengingatkan anggota kelompok tani Simantri (Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi) di kabupaten itu agar tidak menjual ternak sapi bantuan.

“Saya menyampaikan ini terutama kepada semua kelompok Simantri agar punya rasa tanggung jawab,” katanya saat ditemui Ekora NTT di ruang kerjanya, Rabu (28/7/2021).

Menurutnya, belakangan ini, ada temuan beberapa kelompok Simantri yang masih berani menjual ternak bantuan tersebut tanpa sepengetahuan pihak dinas.

Ada kelompok tani yang telah mengembalikan ternak yang sudah jual, namun sampai saat ini masih ada yang belum dikembalikan, kata Dan.

Kelompok yang belum mengembalikan sapi itu, lanjutnya, telah membuat surat pernyataan untuk mengembalikan ternak tersebut.

iklan

Ia menegaskan bahwa ketua kelompok masing-masing bertanggung jawab mengganti, jika ada anggota kelompok yang menjual sapi bantuan tersebut.

“Ternak itu tentu fasilitas sudah disiapkan oleh pemerintah terutama kandang. Semua ternak-ternak yang ada itu dimasukkan dalam kandang,” ujarnya.

Ia berharap, program Simantri tersebut berhasil sesuai harapan para petani dan pemerintah.

Saat ini, kelompok Simantri di Kabupaten Manggarai berjumlah 35, dan menyebar di 9 kecamatan.

Adeputra Moses

TERKINI
BACA JUGA