Sekda Sikka Sebut Dana Pinjaman Daerah Membiayai 148 Pekerjaan

Maumere, Ekorantt.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Sikka, Adrianus Firminus Parera mengatakan, Pinjaman Daerah senilai Rp216.254.813.000 akan digunakan untuk empat kategori kegiatan dengan rincian 148 pekerjaan. Sasarannya adalah untuk memenuhi kebutuhan dan pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Alvin Parera menjelaskan bahwa dana pinjaman akan dimanfaatkan untuk pembangunan sarana dan prasarana kesehatan senilai Rp38.593.245.000, mencakup pembangunan fisik Rumah Sakit Pratama, pembangunan Pustu plus dan rehab Pustu, penyediaan sarana dan prasarana untuk pelayanan rujukan hingga penyediaan sarana dan prasarana lainnya.

“Dengan dibangunnya Rumah Sakit Pratama di Doreng akan menjadi pusat rujukan bagi masyarakat di empat kecamatan yakni Doreng, Bola, Mapitara, dan Hewokloang. Dengan demikian akan mengurangi risiko kematian pasien dalam perjalanan,” kata Alvian Parera di Kantor Bappelitbang Kabupaten Sikka, Jumat (06/08/2021) pagi.

Sementara itu, pembangunan infrastruktur jalan senilai Rp118.284.120.000, yang mana digunakan untuk penyediaan akses jalan sepanjang 149,04 kilometer tersebar di 21 Kecamatan melewati 147 desa dan 13 kelurahan.

Dana pinjaman daerah ini juga akan dimanfaatkan untuk pembangunan 50 jaringan air minum bersih sepanjang 101.680 meter. Sambungan rumah sebanyak 6.830 sambungan, pembangunan 9 sumur bor, 6 bak penampung, dan pengadaan 3 unit mesin.

iklan

Dan yang terakhir digunakan untuk perencanaan dan pengawasan senilai Rp6.325.000.000.

Alvian Parera menjelaskan bahwa penggunaan dana pinjaman tersebut demi memenuhi hak-hak dasar yang dibutuhkan masyarakat Kabupaten Sikka, juga untuk mendukung pemulihan ekonomi secara nasional di tengah pandemi.

Dengan dibangunnya sarana dan prasarana kesehatan, kata Alvian Parera, diharapkan dapat mendekatkan pelayanan, sehingga masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan tinggi ke pusat kabupaten.

“Informasi ini penting bagi masyarakat sebagai bagian dari transparansi penggunaan dana pinjaman daerah. Juga saya mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut serta mengawasi penggunaan dana pinjaman daerah ini,” ajak Alvian Parera.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA