Dukung Tol Laut, KM Dharma Kartika III Resmi Beroperasi di Sikka

Maumere, Ekorantt.com – Kehadiran KM Dharma Kartika III yang memulai beroperasi di Maumere, Kabupaten Sikka membawa kabar gembira bagi warga setempat.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, melakukan peninjauan langsung pada salah satu kapal pendukung tol laut milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) di Pelabuhan L. Say Maumere pada Rabu (8/9/2021).

Bupati Robi menjelaskan, sebelumnya, pemerintah setempat telah menyurati PT. Dharma Lautan Utama (DLU) meminta agar kapal-kapalnya kembali beroperasi di Kabupaten Sikka.

Adapun rute yang ditentukan yakni Maumere-Makasar  singgah Pulau Selayar dan Maumere-Surabaya.

Bupati Sikka Robi Idong sedang meninjau KM Dharma Kartika III saat berlabuh di Pelabuhan L. Say Maumere (Foto : Cucun Suryana/Ekora NTT)

Bupati Robi berharap dengan beroperasinya kembali kapal-kapal Roro dari PT DLU itu dapat mendongkrak kembali perekonomian di Kabuaten Sikka.

iklan

“Bagi masyarakat Kabupaten Sikka yang menggunakan transportasi laut ini ada suatu kabar gembira. Silakan kita menggunakan ini dimasa pandemi, tentunya protokol kesehatan harus kita ikuti,” tutur Bupati Robi.

Sebagai informasi, kapal dengan dimensi 72 meter dan gross tune 2.460 gross tonnage (GT) ini dapat memuat 420 orang penumpang, 13 truk besar, 4 truk kecil dan 24 kendaran kecil, termasuk 39 awak kapal.

Manager PT. DLU wilayah Sikka, Erry Ardianto, juga menyampaikan akan ada rute baru dan armada baru yang mempunyai spek lebih besar. Saat ini kapal tersebut sedang dalam tahap renovasi.

“Kami mohon doa dan support dari masyarakat Kabupaten Sikka agar kapal tersebut cepat beroprasi,”pungkas Ardianto.

Cucun Suryana

TERKINI
BACA JUGA