Komda PMKRI Flores Bantu Korban Banjir Inerie

Bajawa, Ekorantt.com – Komisariat Daerah (Komda) PMKRI Flores menyerahkan bantuan pakaian kepada korban banjir bandang di Malapedho, Desa Inerie, Kecamatan Inerie Kabupaten Ngada pada Senin, (13/9/2021) lalu.

Bantuan tersebut langsung diterima oleh Camat Inerie Iganisus Dedho yang didampingi oleh Kepala Desa Inerie Benediktus Molo.

Komda PMKRI Flores Marselhus Atapuka mengatakan PMKRI sebagai organisasi pengkaderan dan perjuangan selalu peka terhadap fenomena sosial yang terjadi di tengah kehidupan masyarakat Flores pada umumnya dan Kabupaten Ngada khususnya.

“Terhadap bencana alam banjir bandang yang terjadi kemarin dan berdampak pada kerugian material serta menelan korban jiwa, PMKRI secara organisatoris menyampaikan dukacita yang mendalam sekiranya kita terus berdoa agar bapak ibu yang menjadi korban diselamatkan serta keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan lahir dan batin,” ujar Marselhus.

Pemerintah serta masyarakat Malapedho agar tidak melihat jumlah banyak atau sedikit uluran tangan yang dipersembahkan oleh PMKRI. Sebab, bantuan ini merupakan wujud nyata sekaligus komitmen moral PMKRI untuk menjawabi misi PMKRI yaitu berjuang dengan terlibat dan berpihak kepada kaum tertindas melalui kaderisasi intelektual populis yang dijiwai oleh nilai ke-Katolikan, kemanusiaan dan persaudaraan sejati.

iklan

“Kalau dilihat secara kasat mata bantuan ini memang kecil, tetap ini merupakan komitmen moral PMKRI sesuai misinya berjuang dengan terlibat kepada kaum tertindas,” tutur jebolah Katekis STIPAR Larantuka ini.

Semantara itu mewakili senior alumni PMKRI Ngada Yohanes Don Bosko Ponong mengatakan bahwa dirinya mewakil junior-juniornya untuk urusan kemanusiaan yang mulia dihadap masyarakat.

Pria yang akrab disapa Bosko ini mengatakan bahwa, garis perjuangan PMKRI selalu berpijak pada nilai option for the poor atau berjuang bagi mereka yang miskin dan tertindas.

“Sehingga PMKRI hari ini hadir dihadapan kita semua dan hadir masih dalam lingkaran waktu bencana. Sekurang-kurangnya kehadiran PMKRI meringankan beban bencana, memberikan dukungan moril, dan PMKRI ingin hadir sebagai solusi dari persoalan,” ujar Bosko yang juga menjabat sebagai Pimpinan Komisi I DPRD Ngada.

Kepala Desa Inerie, Benediktus Molo menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang tinggi kepada PMKRI secara nasional, regional dan daerah atas kiprahnya selama ini yang selalu membantu meringankan kerja pemerintah di semua tingkatannya.

Hal senada juga diungkapkan Camat Ignasius yang menyebutkan PMKRI merupakan kumpulan orang-orang muda mahasiswa yang cerdas, kritis, dan selalu peka terhadap problematika kehidupan sosial masyarakat.

Oleh karena itu, Camat Ignasisus mewakil seluruh masyarakat Kecamatan Inerie menyampaikan terima kasih atas atensi yang diberikan oleh Komda PMKRI Flores, sekurang-kurangnya bantuan ini telah meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir bandang kemarin.

“Kalau sepintas kita tahu tentang PMKRI, adik-adik ini adalah parlemen jalanan yang selalu kritik pemerintah jika kebijakan pemerintah merugikan masyarakat. Mereka ini orang-orang pintar, cerdas dan kritis yang memiliki perjuangan dengan senjata intelektual. Saya atas nama seluruh masyarakat Inerie menyampaikan terima kasih untuk bantuan yang diberikan oleh PMKRI Regio Flores,” ucap Camat Iganisus, sambil terus melontarkan kata terima kasih kepada PMKRI.

Dikabarkan, turut hadir saat itu yakni Ketua Presidium PMKRI Cabang Ende Erikson Romi dan Ketua Presidium PMKRI Cabang Ngada Senobius Mbasu.

Belmin Radho

TERKINI
BACA JUGA