Terpilih Ketua FPPB Sikka, Yuven Wangge: Kita Tetap Mengacu pada Mandat RUA

Maumere, Ekorantt.com – Yuven Wangge terpilih menjadi Ketua Forum Peduli Penanggulangan Bencana [FPPB] Kabupaten Sikka Periode 2021-2024 dalam Rapat Umum Anggota [RUA] II yang digelar di Aula BPBD Sikka pada Rabu, [13/10/2021].

Kepada Ekora NTT usai pemilihan, Yuven menyatakan akan memperkuat keanggotaan. Hal ini ia sampaikan dalam rangka membangun kemitraan multi pihak untuk kerja penanggulangan bencana.

“Ke depan kerja kita tetap mengacu pada mandat RUA yang dituangkan dalam program strategis 2021-2024 dengan cara mendatangi organisasi atau lembaga atau individu untuk memastikannya sesuai mandat statuta FPPB Kabupaten Sikka,” kata Yuven.

Ia pun merincikan tiga program strategis FPPB Sikka yakni bidang kesiapsiagaan atau pra-bencana, saat bencana dan pasca bencana.

Terkait pra-bencana, kata Yuven akan melaksanakan legalitas forum, sosialisasi penanggulangan bencana ke DPRD Kabupaten Sikka, mendukung kerja anggota forum terkait upaya penanggulangan bencana dan upaya koordinasi dan komunikasi. Selanjutnya merevisi dokumen kebijakan penanggulangan bencana.

iklan

“Bersama BPBD selaku leading sector dan lembaga terkait lainnya memperkuat Pusdalops dan menginventarisir relawan terkait dengan isu-isu dan respon bencana,” ujarnya.

Kemudian lanjut dia, penyusunan rencana kontigensi dan rencana operasi berdasarkan jenis ancaman bencana dan memperkuat desa dalam penanggulangan bencana.

Kemudian, memperkuat sistem koordinasi dan komunikasi mitigasi dan pencegahan bencana antar desa dan kabupaten, membuat pemetaan daerah rawan bencana, advokasi, revisi perda 10 tahun 2012 tentang penyelenggaraan penanggulangan, mengidentifikasi keanggotaan forum baik individu maupun lembaga.

Menyinggung program saat bencana dan pasca bencana Yuven menjelaskan akan melakukan komunikasi dan koordinasi bersama akademisi [perguruan tinggi] dan media untuk menidaklanjuti kejadian bencana, membuka posko penanggulangan bencana dan memberikan bantuan [evaluasi logistik].

Sementara, pasca bencana yakni advokasi kebijakan pemerintah terkait rehabilitasi dan rekonstruksi.

Sekda Sikka Adrianus Parera pada pembukaan RUA menyampaikan apresiasi terhadap kerja forum yang selama ini sudah membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Sikka.

“Saya harap kemitraan yang selama ini sudah dibangun terus ditingkatkan dan terus membangun komunikasi dan koordinasi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana,” kata Sekda.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA