Aplikasi Pustaka ETShop Maumere, Perpustakaan Digital yang Mudah dan Murah

Maumere, Ekorantt.com – Kabar gembira datang dari aplikasi pustaka ETShop-Maumere, sebuah platform perpustakaan digital yang dapat diakses dengan mudah dan murah.

Aplikasi itu bahkan dapat menjawab kebutuhan pembelajaran bagi pelajar atau warga yang sama sekali belum memiliki akses listrik ataupun jaringan internet.

Pimpinan ETShop Perumnas Maumere Etwar Atuna mengatakan Pustaka ETShop adalah layanan perpustakaan digital berbasis local area network yang dapat diakses tanpa paket data internet.

“Aplikasi Pustaka ETShop ini akan memantik minat baca para pelajar dan masyarakat yang selama ini kurang. Dengan adanya teknologi baru seperti ini menumbuhkan minat baca karena dapat membaca lewat HP android tanpa akses internet,” kata Etwar kepada Ekora NTT di Maumere pada Selasa, (9/11/2021).

Etwar menjelaskan jika ingin membaca buku atau menonton video-video edukasi, cukup connect android anda ke Pustaka ETShop dan download aplikasinya.

iklan

“Saya buat aplikasi berbasis android. Jadi aplikasinya diinstal di HP dan bisa akses ke server untuk baca buku dan nonton video edukasi tanpa harus ke YouTube atau internet,” ujar Etwar.

Etwar menjelaskan membuat aplikasi berbasis android bukan identik dengan investasi keuangan dan ruangan yang besar. Melainkan, hanya menyelamatkan sistem pembelajaran yang cepat, mudah dan murah.

Ia mencontohi, disaat buku-buku hilang dan rusak maka secara otomatis ilmu atau pengetahuan juga turut hilang. Begitu pula jika mengupdate buku-buku terbaru juga butuh waktu yang lama.

“Gunakan aplikasi ini murah. Tidak perlu ruangan yang besar. Tinggal pemancar WiFi, alat. Sedangkan sumbernya adalah mencharge HP android 5 volt, bisa hidup dan dipancarkan tanpa makan arus listrik,” terang Etwar.

Ia menambahkan bagi guru yang ingin menyimpan video edukasi misalnya cara menanam vanili atau cara menanam sayur dan anak-anak cukup mengakses aplikasi itu dengan tanpa jaringan internet.

“Pustaka ETShop memiliki ratusan koleksi buku dan video edukasi yang diperuntukkan bagi pelajar SD, SMP, SMA/SMK dan video hiburan untuk anda penikmat menonton video,” bebernya.

Sebagai informasi, Aplikasi Pustaka ETShop-Maumere merupakan perusahaan yang bergerak dibidang IT yang didirikan tanggal 5 Oktober 2010.

ETShop yang mengusung moto ‘selalu memberikan inovasi terbaru tiada henti’ merupakan cabang usaha yang selalu up to date dan selalu memberikan kualitas pelayanan unggulan berlokasi di Jalan Anggrek Perumnas Maumere.

Menjadi salah satu perusahaan dalam bidang teknologi terbaik di bidangnya dan selalu memberikan pelatihan bagi teknisi lokal agar bisa bersaing dengan teknisi baik dari kota besar dan dari luar negeri.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA