Kementerian LHK Gelar Sosialisasi Forest Programme V bagi Masyarakat Sikka

Maumere, Ekorantt.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan [KLHK] menggelar sosialisasi Forest Programme V dan Forestry Support Programme kepada masyarakat Kabupaten Sikka di Aula Cappa Hotel, Jalan Nairoa, Desa Watu Milok, Kecamatan Kangae-Maumere pada Selasa, [16/11/2021].

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh para camat dan kepala desa serta utusan masyarakat yang menetap di wilayah perbatasan hutan lindung di wilayah itu.

Koordinator kegiatan itu, Timbul Batubara mengatakan sosialisasi Forest Programme V ini diselenggarakan atas kerjasama pemerintah pusat dalam hal ini KLHK, Pemprov NTT dan Pemerintah Kabupaten Sikka.

Pelaksanaan sosialisasi ini, jelas Batubara, merupakan salah satu skema penguatan implementasi kebijakan perhutanan sosial. Kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan lintas sektoral untuk pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan fungsi lahan kawasan hutan bagi masyarakat baik dari segi sosial, ekologi dan ekonomi bagi masyarakat di sekitar wilayah hutan.

Batubara menambahkan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk membangun kesamaan presepsi, baik kebijakan maupun teknik operasional di tingkat dasar pada setiap stakeholder yang terlibat secara bersama-sama.

iklan

“Sekaligus meningkatkan pemahaman kepada masyarakat yang tinggal di wilayah hutan sosial kemasyarakatan di wilayah masing-masing,” kata Batubara.

Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan perhutanan sosial sebagai salah program prioritas nasional yang mendapat perhatian khusus dari Presiden Jokowi sebagai salah satu program pemerataan ekonomi nasional.

Menteri Siti menyebutkan Kabupaten Sikka adalah salah satu dari empat kabupaten di Indonesia yang terpilih untuk melakukan program Forest Programme V Social Forestry Support ini.

Untuk itu, Siti Nurbaya meminta dukungan dari para pihak terutama Pemda Sikka dan semua stakeholder terkait yang ada di wilayah itu untuk berperan aktif menyukseskan program tersebut.

Kerjasama ini, kata dia, merupakan kegiatan bersama yang didedikasikan khusus sebagai perhatian dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bagi masyarakat Kabupaten Sikka. Sehingga keberhasilan ini menjadi suksesstory bersama untuk Indonesia.

“Dalam melaksanakan program ini pemerintah Indonesia menjalin kerjasama bilateral dengan Jerman untuk menyukseskan Forest Programme V, Social Forestry Support. Untuk itu kami meminta kerjasama dalam mendorong pencapaian perhutanan sosial dan peningkatan usaha bisnis di Kabupaten Sikka,” kata Menteri Siti melalui Sekertaris Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Erna Rosdiana.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA