Pihak Sekolah di Manggarai Diminta Perbanyak Kegiatan Perlombaan

Ruteng, Ekorantt.com – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai, Fransiskus Gero meminta pihak sekolah di wilayah itu agar memperbanyak kegiatan perlombaan di sekolah.

“Untuk teman-teman sekolah, perbanyak itu perlombaan, kegiatan-kegiatan. Bahasa saya tingkatkan budaya mutu,” katanya saat memberikan sambutan dalam kegiatan penyuluhan hukum dana BOS tingkat Pendidikan Paud-TK/SD-MI/SMP-MTS untuk wilayah Kecamatan Reok, Reok Barat, Cibal, dan Cibal Barat, di Aula Paroki Reo, Jumat (3/12/2021).

Menurutnya, kegiatan-kegiatan itu dilakukan agar visi Bupati dan Wakil Bupati yakni  ‘Manggarai yang Maju, Adil, dan Berdaya Saing’, bisa terwujud.

Menurut Kadis Gero, berdaya saing hanya lahir dengan sebuah kompetisi. “Tanpa kompetisi juga tidak akan temukan seorang juara,” katanya. 

Ia meminta agar dana BOS juga dianggarkan untuk kegiatan lomba yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan.

iklan

“Kalau satu lomba dalam satu semester, silakan. Ataupun triwulan. Nanti ada follow up-nya di tingkat kabupaten,” terangnya.

Terkait lomba-lomba itu, kata dia, pihak sekolah wajib memberikan piagam penghargaan atau sertifikat yang menjadi bukti autentik bahwa siswa yang bersangkutan berprestasi.

“Ini belajar dari pengalaman saat anak-anak kita tes ke Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur berprestasi. Selain input nilai rapor, itu diminta juga upload bukti lain yang menunjukkan anak itu berprestasi di bidangnya,” katanya.

“Rata-rata anak kita hanya dengan nilai rapor,” tambahnya.

Ia mengatakan, jika ada piagam atau sertifikat yang membutuhkan tanda tangan Bupati dan Wakil Bupati, pasti akan ditandatangani.

“Begitu juga dengan saya. Pasti akan menandatangani,” ketusnya.

Prinsipnya, kata Gero, negara mengapresiasi seluruh kinerja baik guru dan siswa.

Adeputra Moses

TERKINI
BACA JUGA