SMA Negeri 6 Kota Komba Gelar Pelatihan Jurnalistik

Borong, Ekorantt.com – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Kota Komba menggelar kegiatan Pelatihan dan Sharing Jurnalistik untuk siswa-siswi, di aula sekolah itu, sejak Senin hingga Selasa (6-7/12/2021).

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA Kabupaten Manggarai Timur, Lukas Sumba.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan bertajuk ‘Ayo Menulis’ itu, jurnalis Kompas.com, Markus Makur, dan jurnalis Ekora NTT, Rosis Adir.

Lukas dalam sambutanya mengaku bangga dengan terobosan yang dilakukan oleh sekolah itu, di mana mereka berkolaborasi dengan pihak lain di luar sekolah untuk melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Sharing Jurnalistik tersebut.

“Meningkatkan mutu pendidikan tidak harus kerja sendiri, tetapi mesti berkolaborasi dengan pihak luar,” katanya.

iklan

Sementara Kepala SMA Negeri 6 Kota Komba, Frumensius Hemat, mengatakan, sebagai sekolah penggerak, siswa-siswi sekolah itu harus memiliki kemampuan berliterasi seperti membaca, menulis, dan lainnya.

Oleh karena itu, kata dia, kegiatan itu diharapkan dapat menambah kemampuan menulis siswa-siswi, khususnya menulis berita.

“Nanti ada hal-hal atau kegiatan yang menarik di sekolah, bukan lagi guru-guru yang tulis, tetapi siswa-siswi. Berita-berita itu akan diterbitkan di website sekolah,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 200 siswa-siswi sekolah yang terletak di Kisol, Kelurahan Tanah Rata itu mendapat materi tentang dasar-dasar jurnalistik, teknik wawancara, dan etika jurnalistik.

Pada hari terakhir kegiatan Pelatihan dan Sharing Jurnalistik itu, siswa-siswi melakukan praktik wawancara dan penulisan berita.

Kontributor: Antonia P.L. Yus

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA