Mulai Diberikan, Kadis Kesehatan Sikka Beberkan Persyaratan Penerima Vaksin Booster

Maumere, Ekorantt.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus mengatakan bahwa tenaga kesehatan di Kabupaten Sikka sudah mulai memberikan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster Covid-19.

“Kita berharap masyarakat tidak takut dan segera mendatangi tempat pelayanan yang telah ditentukan seperti di Puskesmas dan juga tempat yang ditentukan bersama para camat,” tutur Herlemus saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (20/1/2022).

Herlemus bilang, pemberian vaksin booster tidak dipungut biaya alias gratis. Adapun tujuannya, untuk mempertahankan tingkat kekebalan tubuh dan memperpanjang masa perlindungan.

Herlemus menjelaskan bahwa pemberian vaksin dosis ketiga atau booster memiliki beberapa persyaratan. Pertama, berusia 18 tahun ke atas atau sampai lansia . Kedua, calon telah menerima vaksin dosis pertama dan kedua. Ketiga, calon penerima telah menerima vaksinasi primer dosis lengkap, minimal enam bulan setelah menerima suntikan vaksin kedua.

Lebih lanjut, kata Herlemus, bagi orang-orang yang hendak bepergian akan diperiksa terkait lengkap atau tidaknya vaksin yang diterima. Karena itu, dia berharap kepada masyarakat untuk segera divaksin.

iklan

Seorang guru Sekolah Dasar di Maumere, Aloysia mengatakan sangat senang dengan pemberian vaksin dosis ketiga.

Selain tidak dipungut biaya, kata Aloysia, vaksin booster akan memperpanjang usia kekebalan serta daya tahan tubuh.

TERKINI
BACA JUGA