Inovasi Pemdes Wologai Timur dan Comestoarra, Ciptakan Kompor Berbahan Bakar Ranting Kayu

Ende, Ekorantt.com – Comestoarra bersama Pemerintah Desa Wologai Timur, Kecamatan Lepembusu Kelisoke, Kabupaten Ende berinovasi dengan mengembangkan kompor murah untuk membantu 115 kepala keluarga di desa tersebut.

Kompor murah itu didesain sederhana berbahan dasar campuran tanah liat dan atau coran beton dari semen dan pasir dan diklaim dapat mengirit penggunaan kayu api dalam jumlah yang besar.

Program manajer Comestoarra Indonesia, Arief Nurhidayat saat ditemui Ekora NTT, Senin,(31/1/2022) menjelaskan, pengembangan program pembuatan kompor murah merupakan bentuk edukasi dan pemberdayaan kepada masyarakat.

“Kita bangga, Pemerintah Desa Wologai Timur bisa menyambut baik peluang ini. Kehadiran kami tentu ingin mengedukasi dan memberdayakan warga untuk memaksimalkan potensi di sekitar untuk menghasilkan sesuatu yang berdaya ekonomis,” ucap Arief.

Inovasi ini diklaim hemat anggaran. Untuk membuat satu buah kompor, biayanya hanya berkisar Rp20.000. Sementara itu, untuk proses pembakarannya, tidak menggunakan minyak tanah dan gas melainkan menggunakan serpihan kayu atau juga ranting kayu.

iklan

Program tersebut, jelas Arief, merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan atas dukungan Kedutaan Besar New Zealand di Jakarta.

“Ini sangat ekonomis. Selain bahan pembuatan kompor yang minim biaya, bahan bakar juga dari ranting kayu. Jadi kalau ada sebatang kayu seukuran tangan kita ini, kemudian di potong kecil-kecil, itu sudah bisa menanak nasi dan sayur. Irit kan?” terang Arief.

Kepala Desa Wologai Timur, Adrianus Mbusu mengakui bahwa program kerja sama yang dijalin bersama Comestoarra disambut baik oleh warganya.

Kades Adrianus bilang, pihaknya menjadi desa pertama yang mengembangkan inovasi kompor murah ini.

“Warga saya sangat antusias. Apa lagi kami punya potensi tanah liat dan kayu kaliandra yang cukup. Kami akan namakan kompor murah ini dengan nama Kompor Wologai,” pungkasnya.

TERKINI
BACA JUGA