Prodi Teknik Sipil Unika St. Paulus Ruteng Teken MoA dengan Pemkab Manggarai

Ruteng, Ekorantt.com – Prodi Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai di ruang kerja Kepala Dinas PUPR Kabupaten Manggarai, Selasa (8/2/2022).

Penandatanganan MoA ini dilakukan oleh Dekan Fakultas Pertanian, Peternakan dan Teknologi Unika Santu Paulus Ruteng, Wahyuni Purnami dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Manggarai, Lambertus Patut.

Wahyuni menuturkan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang rekayasa sipil di Fakultas Pertanian, Peternakan dan Teknologi (FPPT), khususnya Program Studi (Prodi) Teknik Sipil.

Selain itu, kata Wahyuni, penandatanganan kerja sama ini, bertujuan untuk membangun sinergitas antara Prodi Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai.

“Untuk mewujudkan kerja sama ini, ke depannya Prodi Teknik Sipil Unika Santo Paulus Ruteng berkolaborasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Manggarai dalam melaksanakan tri dharma, yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Wahyuni.

iklan

MoA memungkinkan mahasiswa Prodi Teknik Sipil melakukan praktik di laboratorium Dinas PUPR Kabupaten Manggarai. Selain itu mereka dapat melakukan kuliah praktikum didampingi langsung oleh tenaga ahli di Dinas PUPR Manggarai bersama dosen Prodi Teknik Sipil.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Dinas PUPR Kabupaten Manggarai yang telah mendukung peningkatan mutu Prodi Teknik Sipil Unika St. Paulus Ruteng.

Melalui kerja sama ini, kata dia, pihaknya berharap mahasiswa Prodi Teknik Sipil diizinkan dan dilibatkan untuk praktik di laboratorium dan kuliah praktikum di lapangan.

“Izinkan kami melibatkan diri dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan berkolaborasi dalam melakukan penelitian dan kajian lapangan yang berkaitan dengan teknik sipil,” ujarnya.

Ia berkata, dengan adanya sinergitas dan kolaborasi, penelitian, dan kajian-kajian lapangan memperoleh hasil yang bermanfaat ke depannya.

Menurut Wahyuni, untuk meningkatkan mutu tri dharma perguruan tinggi perlu kerja kolaboratif dengan berbagai pihak.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Kepala Dinas PUPR, Lambertus Patut mengaku bangga dengan adanya MoA tersebut dan berkomitmen untuk bekerja sama dalam mewujudkan mutu tri dharma Prodi Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng.

“Dengan kerja sama ini kita sama-sama mewujudkan mutu pendidikan di Manggarai. Tentunya melalui berbagai program kerja yang berhubungan dengan Prodi Teknik Sipil dan Program Studi lainya,” ujarnya.

Ia menambahkan, salah satu partisipasi pemerintah daerah melalui Dinas PUPR Kabupaten Manggarai dalam meningkatkan mutu tri dharma adalah memberikan ruang dan kesempatan kepada dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Sipil untuk melakukan praktik di laboratorium Dinas PUPR Kabupaten Manggarai.

“Selain itu, Dinas PUPR Manggarai juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan kuliah praktikum di lapangan bersama tenaga ahli di lingkungan Dinas PUPR Manggarai,” sebutnya.

Dalam penandatanganan MoA ini, Dekan FPPT Unika Santo Paulus Ruteng didampingi Sekretaris Dekan Fabianus Gangkur, dan Sekretaris Prodi Teknik Sipil Viviana Murni.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA