Wapres Ma’ruf Amin Buka AIWW ke-2 Tahun 2022 di Labuan Bajo

Kupang, Ekorantt.com – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin membuka kegiatan Asia International Water Week (AIWW) ke 2 Tahun 2022 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT pada Senin, (14/03/2022).

Wapres bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan yang tiba menggunakan Pesawat Boeing 737-400 TNI AU itu disambut oleh Wakil Gubernur (Wagub) NTT Josef Nae Soi dan Ibu Maria Fransiska Nae Soi beserta Forkompimda NTT.

Dalam acara AIWW, Ma’ruf disambut oleh Presiden Dewan Air Asia (AWC) Jae-Hyeon Park. Wapres juga menyambut Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan Han Jeoung-ae dan Sekjen PBB ke-8 Ban Ki-moon.

Event ini dihadiri para menteri, pakar dan praktisi dari beberapa negara, pemimpin lembaga publik dan perusahaan air, serta pembuat undang-undang atau legislator dari negara anggota Asia Assembly Water Council (AAWC) untuk berbagi praktik terbaik dan pembelajaran, kebijakan air inovatif dan solusi teknis dengan tema ‘Sustainable, Clean, and Sufficient Water for All’.

Selain itu, kegiatan yang dihadiri oleh para petinggi luar negeri tersebut merupakan rangkaian acara kepresidenan G20 yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia, dan juga sebagai persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Forum Air Dunia (WWF) ke-10 pada 2024 mendatang.

iklan

Ban Ki-moon dalam sambutan berharap manusia yang hidup di permukaan ini agar lebih hemat dalam menggunakan air. Jika tidak menjaga lingkungan maka dunia akan krisis air.

Wagub NTT Josef A. Nae Soi menegaskan bahwa NTT akan memanfaatkan waduk dan embung-embung yang sudah dan sedang dibangun untuk menanggulangi masalah air bersih. Hal ini penting seiring dengan upaya pemerintah daerah NTT dalam mengembangkan pariwisata, memberantas kemiskinan dan stunting yang masih tinggi.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA