Kepala SMK Ancop Ajak Alumni Bangun Homestay di Rumah.

Larantuka, Ekorantt.com – Kepala SMK Ancop (Answering the Cry of the Poor) atau angkat citra orang papa, Jarko (62) mengajak para alumni sekolah tersebut untuk menjadikan rumah mereka sebagai homestay untuk wisatawan.

“Kita ajari membuat di rumah satu kamar homestay. Buat satu kamar WC bersih, kamar bersih dan nyaman. Misalnya, yang berada di Meko, tidak perlu mewah tapi bersih dan pantas. Dengan begitu, ada daya jual pariwisata. Sehingga yang mau ke sana bisa menginap semalam dengan bayaran yang terjangkau,” katanya, Senin (28/03/2022).

SMK Ancop merupakan sekolah milik Keuskupan Larantuka. Sekolah ini dibangun pada 2017 dan sudah memiliki gedung yang dirancang mirip hotel dengan furniture ruangan dan asrama yang baik, serta taman terbuka hijau yang indah.

Saat ini, SMK Ancop memiliki 172 orang siswa serta 25 guru dan staf.

Jarko mengatakan, sebanyak 18 alumni SMK Ancop telah dikirim untuk bekerja ke luar negeri seperti Emi Emirat Arab, Qatar.

iklan

Para alumni yang dikirim tersebut yakni orang-orang yang dinilai sesuai spesifikasi khusus perhotelan dan pariwisata.

“Seandainya kita bisa fasilitasi, maka kita kirim ke Tribuana, ke Jakarta, ke Binus untuk menempuh pendidikan lanjutan di sana,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini SMK Ancop tengah fokus pada program pemerintah yakni pembentukan karakter siswa.

“Para siswa di sini, kami bekali sangat cukup. Baik kemampuan Bahasa Inggris maupun kompetensi lain. Karena itu, saat kursus bahasa asing ketika mau ke luar negeri, yang biasanya enam bulan, mereka bisa tempuh dalam waktu tiga bulan,” klaimnya.

Tahun ini, kata dia, pihaknya melakukan sebuah terobosan baru yakni membebaskan uang SPP para siswa SMK Ancop.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA