Sambut Hardiknas, SMK Yohanes XXIII Maumere Gelar Aneka Lomba Seni dan Bahasa

Maumere, Ekorantt.com – Dalam rangka menyongsong Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2022, SMK Yohanes XXIII Maumere mengadakan aneka lomba.

Lomba ini terdiri dari dua bagian di mana ada Lomba Seni dan Bahasa dan ada juga Lomba Pentas Seni yang digelar selama dua hari, 8-9 April 2022 bertempat di Aula SMK Yohanes XXIII Maumere.

Tema yang diusung dalam kegiatan lomba ini adalah “Bermimpi Setinggi Langit, Berkreasi Seluas Dunia”.

Ketua Panitia, Luki Pati menjelaskan, tema tersebut memberikan motivasi kepada peserta didik untuk berani berjuang mewujudkan cita-cita dan prestasinya dalam hubungan dengan bakat yang dimiliki.

“Juga agar tema ini bisa merangkum banyak cabang lomba yang mengusung judul kecil yang berbeda,” terang Luki kepada Ekora NTT, Jumat (8/4/2022).

iklan

Ia juga merincikan, kegiatan ini diikuti para peserta didik kelas X dan XI sebanyak 24 kelas dengan cabang lomba seperti Tari Kreasi, Menyanyi Solo, Baca Puisi, Monolog, Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, Desain Poster, dan Film Pendek.

Lebih jauh, kata Luki, peserta didik yang mewakili kelasnya tampil percaya diri dengan menunjukkan penampilan terbaiknya dan mendapatkan apresiasi baik dari teman-teman yang menonton.

Kepala SMK Yohanes XXIII Maumere, Marselus Moa Ito, mengatakan bahwa sebenarnya kegiatan ini merupakan kegiatan program kerja sekolah tahunan.

“Ada beberapa bidang kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah. Kalau hanya latihan saja tanpa event, semangat anak akan kendur. Dengan lomba ini kita bisa melihat potensi anak dan bisa dikembangkan untuk mengikuti lomba di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional,” jelas Ito.

Ia menambahkan, ada Dana BOS di mana biaya operasional sekolah penggunaanya diperuntukkan untuk pengembangan bakat dan minat peserta didik.

“Para guru harus kreatif memacu sekolah untuk membuat kegiatan untuk pengembangan bakat dan minat,” tandasnya.

TERKINI
BACA JUGA