Siswa SMPN I Bajawa Antusias Salurkan Hak Suara pada Pemilihan Ketua OSIS

Bajawa, Ekorantt.com – Ratusan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) I Bajawa, Kabupaten Ngada menggelar pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS secara demokratis di halaman sekolah tersebut.

Sebelum menyalurkan hak suara, para siswa diberi kesempatan untuk mendengar secara langsung visi-misi keempat paslon dan diuji oleh lima panelis.

Ketua panitia pemilihan Laurensius Gili menjelaskan kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari terhitung sejak tanggal 11-12 April 2022.

“Pada hari ini kita laksanakan pemaparan visi-misi sampai dengan proses pemilihan, sedangkan untuk pelantikan akan dilaksanakan esok,” ujarnya pada sela-sela kegiatan itu di Bajawa, Senin (11/04/2022)

Laurensius mengatakan, syarat calon ketua dan wakil OSIS berasal dari siswa kelas VII dan Kelas VIII sedangkan pemilih adalah seluruh siswa SMPN I yang berjumlah 796 orang siswa.

iklan

“Di tengah kegiatan debat visi-misi kita juga mengisi dengan tarian kolosat dan penampilan dari Band SMAK Regina Pacis Bajawa,” ungkapnya.

Kepala SMPN I Bajawa Maria C. Imelda menjelaskan kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama sejak pandemi Covid-19 melanda Kabupaten Ngada.

“Dalam kegiatan ini para calon bisa menyampaikan ide dan melatih jiwa kepemimpinan baik untuk diri sendiri maupun orang lain,” ujarnya.

Maria berkata siswa juga diberi kesempatan untuk memilih para calon dengan bebas sambil mempertimbangkan visi-misi yang disampaikan.

Dirinya berharap setelah terbentuk kepengurusan OSIS, para siswa dapat mendukung penyelengaraan pendidikan di lembaga pendidikan tersebut.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA